Kasus Corona Nyaris 900, Pemerintah Kirim 151 Ribu APD ke 36 Daerah

Dimas Jarot Bayu
27 Maret 2020, 11:21
Kasus Corona Nyaris 900, Pemerintah Kirim 151 Ribu APD ke 36 Daerah
ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho/hp.
Ilustrasi, pekerja mengenakan baju pelindung yang telah jadi di Kwaon, Jemawan, Jatinom, Klaten, Jawa Tengah, Kamis (26/3/2020).

Kasus virus corona di Indonesia hampir mencapai 900. Karena itu, pemerintah mendistribusikan 151 ribu alat pelindung diri (APD) bagi tenaga medis ke 36 daerah di Indonesia.

Alat kesehatan itu disalurkan melalui Tentara Nasional Indonesia (TNI). “Dari 170 ribu stok, sampai pagi ini sudah terdistribusi 151 ribu. Maka, cadangan nasional yang ada 19 ribu APD,” kata Paban IV/Operasi Dalam Negeri Staf Operasi TNI Kolonel Aditya Nindra Pasha di Gedung BNPB, Jakarta, Jumat (27/3).

Advertisement

Berdasarkan data Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, 40 ribu APD didistribusikan ke DKI Jakarta dan 15 ribu ke Jawa Barat. (Baca: Fungsi Strategis Alat Pelindung Petugas Medis di Tengah Pandemi Corona)

Sedangkan Jawa Tengah dan Jawa Timur masing-masing mendapat 10 ribu APD. Lalu Bogor, Banten, Yogyakarta, dan Bali memperoleh 5.000 APD masing-masing.

Kemudian, 3.000 APD didistribusikan ke Sulawesi Utara. Lalu, Sumatera Utara dan Papua masing-masing mendapatkan 2.500 APD.

Sedangkan 16 daerah mendapat 2.000 APD masing-masing. Wilayah itu di antaranya Aceh, Riau, Sumatera Barat, Kepulauan Riau, Jambi, Bengkulu, Sumatera Selatan, Bangka Belitung, Lampung, NTB, NTT, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Barat.

(Baca: Pemprov DKI Jakarta Prioritaskan Rapid Test untuk Tenaga Medis)

Lalu, ada delapan daerah lain yang memperoleh 2.000 APD. Di antaranya Gorontalo, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, Maluku Utara, Maluku, dan Papua Barat.

Halaman:
Reporter: Dimas Jarot Bayu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement