Momen Jokowi Ikut Turun ke Liang Lahat Menguburkan Jenazah Ibunda

Dimas Jarot Bayu
27 Maret 2020, 07:05
Jokowi
Biro Pers Sekretariat Presiden
Presiden Joko Widodo ikut masuk ke liang lahat untuk memakamkan ibundanya, Sudjiatmi Notomihardjo, yang meninggal dunia di Rumah Sakit Slamet Riyadi Surakarta, Rabu (25/3), pukul 16.45 pada usia 77 tahun.

Presiden Joko Widodo mengantarkan jenazah ibunda, Sudjiatmi Notomihardjo, ke tempat peristirahatan terakhirnya di pemakaman keluarga Mundu di Karanganyar, Jawa Tengah, Kamis (26/3). Dalam kesempatan tersebut, Jokowi ikut turun ke liang lahat untuk membantu proses pemakaman.

Berdasarkan video yang dirilis Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden, Jokowi bersama keluarga awalnya mensalatkan mendiang terlebih dahulu di Masjid Baiturachman, Surakarta, Jawa Tengah. Mereka lalu pergi ke pemakaman dan tiba pada pukul 13.00 WIB.

Jokowi yang mengenakan kemeja putih dan peci hitam tampak berjalan lebih dulu ke dekat pusara sebelum jenazah tiba. Dia lantas turun ke liang lahat untuk membantu proses pemakaman ibundanya.

Dia juga ikut mencangkul tanah untuk mengubur jenazah Sudjiatmi. Seusai prosesi pemakaman, Jokowi beserta keluarga mendoakan almarhumah di samping makam. Sudjiatmi diketahui dikuburkan di sebelah makam suaminya, Widjiatmo Notomihardjo.

(Baca: Mengenal Sudjiatmi, Ibunda Jokowi yang Pernah Difitnah PKI)

Sudjiatmi diketahui meninggal dunia di Rumah Sakit Slamet Riyadi di Surakarta, Jawa Tengah, Rabu (25/3) pukul 16.45 WIB di usia 77 tahun. Jokowi mengatakan Sudjiatmi meninggal dunia karena sakit kanker tenggorokan yang telah dideritanya selama empat tahun terakhir. 

Sudjiatmi yang lahir pada 15 Februari 1943 merupakan anak dari pasangan Wirorejo dan Sani. Ayahnya merupakan pedagang kayu dari Kelurahan Giriroto, Ngemplak, Boyolali.

Ia menikah dengan ayahanda Jokowi, Widjiatno Notomihardjo, pada 23 Agustus 1959. Bersama Widjiatno, ia menggeluti usaha perkayuan.

Advertisement

Dari pernikahannya dengan Widjiatno, Sudjiatmi memiliki empat orang anak, yakni Jokowi, Iit Sriyantini, Titik Relawati, dan Ida Yati.

(Baca: Ibunda Meninggal, Jokowi Minta Masyarakat Bantu Doa)

Reporter: Dimas Jarot Bayu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement