Pertumbuhan Kredit Bank Melambat Terimbas Corona, NPL pun Memburuk

Image title
27 Maret 2020, 12:44
pertumbuhan kredit, npl, ojk, otoritas jasa keuangan, virus corona
Arief Kamaludin|KATADATA
Gerai ATM perbankan. OJK mencatat pertumbuhan kredit perbankan semakin melambat seiring dampak virus corona terhadap perekonomian domestik.

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengungkapkan kredit lembaga jasa keuangan pada Februari 2020 tumbuh sebesar 5,93% secara tahunan (year on year/yoy). Adapun pertumbuhan kredit ditopang oleh kredit investasi yang tumbuh double digit sebesar 10,29% yoy.

Pertumbuhan kredit Februari tahun ini lebih rendah dibandingkan pertumbuhan kredit Februari tahun sebelumnya yang mencapai 12,13%. Capaian tersebut juga lebih lambat dibandingkan dengan bulan sebelumnya sebesar 6,10%.

"Kinerja intermediasi lembaga jasa keuangan Februari 2020 bergerak sejalan dengan perkembangan yang terjadi di perekonomian domestik," kata Deputi Komisioner Humas dan Logistik OJK Anto Prabowo dalam siaran pers Jumat (27/3).

Meski begitu, dia menilai profil risiko industri jasa keuangan masih tetap terkendali meski perekonomian tertekan akibat merebaknya virus corona di banyak negara. OJK menyatakan bahwa stabilitas sektor jasa keuangan sampai Maret 2020 masih dalam kondisi terjaga dengan intermediasi sektor jasa keuangan masih membukukan kinerja positif. 

(Baca: Perbankan Masih Percaya Diri Mampu Mencapai Target Penyaluran Kredit)

Halaman:
Reporter: Ihya Ulum Aldin
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...