Terdampak Sentimen Global, Rupiah Menguat 1,22% Terbaik Ketiga di Asia

Agatha Olivia Victoria
27 Maret 2020, 09:32
Terdampak Sentimen Global, Rupiah Menguat 1,22% Terbaik Kedua di Asia.
Adi Maulana Ibrahim|Katadata
Petugas menunjukkan uang rupiah dan dolar AS di Kantor Cabang Plaza Mandiri, Jakarta, Rabu (18/3/2020). Kurs rupiah kembali menguat terhadap dolar AS menjadi salah satu yang terbaik di Asia.

Nilai tukar rupiah dibuka menguat 1,22% ke level Rp 16.105 per dolar AS pada perdagangan pagi ini, Jumat (27/3). Peningkatan kurs rupiah saat ini terdorong oleh sentimen global dan optimisme pasar terkait stimulus pemerintah AS untuk meredam dampak pandemi corona

Bersamaan dengan rupiah, hampir seluruh mata uang Asia juga menguat terhadap dolar AS. Mengutip Bloomberg, tiga mata uang dengan peningkatan tertinggi pagi ini dicatat won Korea Selatan 1,4%, rupiah 1,22% dan rupee India 1,25%.

Sementara yen Jepang menguat sebesar 0,87%, dolar Singapura 0,01%, ringgit Malaysia 0,88%, dolar Taiwan 0,34%, peso Filipina 0,48%, yuan Tiongkok 0,01%, dan baht Thailand 0,49%. Hanya dolar Hong Kong yang melemah tipis 0,01%.

(Baca: BI Prediksi Pengusaha Tak Kerek Harga Meski Dolar AS Tembus Rp 16 Ribu)

Vice President Monex Investindo Futures Ariston Tjendra mengatakan, sentimen pendorong rupiah hari ini salah satunya datang dari faktor global. 

Indeks saham AS, Dow Jones menguat cukup besar kemarin yakni lebih dari 6%. Penguatan terjadi sejalan dengan optimisme pasar akan stimulus yang akan digelontorkan pemerintah AS sebesar US$ 2 triliun untuk meredam dampak negatif pandemi corona.

Halaman:
Reporter: Agatha Olivia Victoria
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...