Atasi Corona, Masker Snorkelling & Printer Disulap Jadi Alat Kesehatan

Desy Setyowati
30 Maret 2020, 15:44
Atasi Corona, Masker Snorkelling & Printer Disulap Jadi Alat Kesehatan
Twitter/@francoisedegois
Ilustrasi penggunaan masker snorkelling yang terhubung dengan mesin ventilator menggunakan katup khusus di Italia.

Alat Kesehatan seperti masker, hand sanitizer, dan ventilator semakin ‘langka’ di tengah meluasnya penyebaran pandemi corona. Rumah sakit hingga produsen mobil pun menggunakan masker snorkelling dan mesin pencetak tiga dimensi (printer 3D) untuk menangani pasien terinfeksi virus corona.

Rumah Sakit Erasme di pinggiran ibu kota Belgia, Brussels dan Endo Tools Therapeutics membuat katup yang menghubungkan masker snorkelling dengan dan mesin ventilator. “Ini digunakan untuk pasien dengan masalah pernapasan yang parah,” kata Fisioterapis Pernapasan Frederic Bonnier dikutip dari Daily Mail, Senin (30/3).

Virus corona membuat kantung yang menjadi tempat pertukaran oksigen dan karbon dioksida atau alveoli berisi cairan. Alat pernapasan yang dikembangkan ini bertujuan mencegah alveoli tidak berfungsi akibat covid-19.

(Baca: IDI Klarifikasi Soal Imbauan Mogok Tenaga Medis Akibat Kekurangan APD)

Masker snorkelling juga bisa menjadi solusi di tengah keterbatasan tempat tidur atau respirator di rumah sakit . “Tampaknya cukup rumit untuk dibuat, cukup berat, tidak terlalu nyaman. Jadi kami memiliki ide untuk melangkah lebih jauh dengan memikirkan dan mengembangkan bagian penghubungnya,” kata dia.

Selain itu, masker snorkelling tersebut bisa digunakan oleh petugas medis guna menghindari penularan virus corona. (Baca: Kasus Virus Corona di AS Lampaui Tiongkok, 1 Ventilator untuk 2 Pasien)

Di Italia, dua insinyur mengembangkan alat serupa. Mereka adalah Cristan Fracassi dan Alessandro Romaioli, yang bekerja di startup Isinnova di Brescia, Lombardy.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...