Harga Minyak Sentuh US$ 20 per Barel, Terendah Sejak November 2002

Image title
30 Maret 2020, 08:00
harga minyak, virus corona
KATADATA
Ilustrasi, kilang minyak. Harga minyak pada Senin (30/3) kembali menyentuh level US$ 20 per barel karena permintaan turun imbas pandemi virus corona.

Harga minyak dunia pada perdagangan Senin (30/3) menyentuh level terendah dalam 17 tahun. Harga komoditas tersebut ditekan permintaan yang turun imbas pandemi virus corona.

Harga minyak sempat menyentuh level terendah di bawah US$ 20 per barel pada November 2002. Sedangkan sejak awal tahun, harga minyak telah turun 66% dari level harga di kisaran US$ 60 per barel.

Advertisement

Berdasarkan data Bloomberg pada hari ini pukul 07.13 WIB, harga minyak West Texas Intermediate turun 3,49% menjadi US$ 20,76 per barel. Sedangkan harga minyak Brent turun 4,69% menjadi US$ 23,76 per barel.

Pandemi virus corona membuat banyak negara mengkarantina wilayah sehingga menekan ekonomi global. Permintaan minyak pun terus berkurang hingga harga berada dalam tren turun.

Di sisi lain, Arab Saudi dan Rusia terus melanjutkan perang harga minyak. Kedua negara bersikukuh membanjiri pasar dengan produksi minyak.

Kerajaan Arab Saudi pada Jumat (27/3) menyatakan tidak ada pembicaraan dengan Rusia terkait pemangkasan produksi minyak di antara negara-negara anggota OPEC+.

Rusia pun tak mau kalah. Deputi Menteri Energi Rusia Pavel Sorokin menyatakan harga minyak di kisara US$ 25 per barel sebenarnya tidak menyenangkan, namun bukan sebuah kehancuran bagi Rusia.

"Permintaan merupakan sesuatu yang serius, tapi sudah diketahui. Hal yang sebenarnya membuat pasar tertekan yaitu signal dari Arab Saudi dan Rusia yang meneruskan perang harga," kata Commodities Analyst di Commonwealth Bank of Australia Vivek Dhar seperti dikutip dari Bloomberg pada Senin (30/3).

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement