Strategi Grab Dorong Pendapatan Mitra di Tengah Pandemi Corona

Desy Setyowati
30 Maret 2020, 20:36
Strategi Grab Dorong Pendapatan Mitra di Tengah Pandemi Corona
grab
Ilustrasi Mitra Grab

Pendapatan mitra pengemudi taksi dan ojek online di Indonesia anjlok hingga 80% akibat pandemi corona, berdasarkan data Gabungan Aksi Roda Dua (Garda). Grab menyiapkan strategi untuk mendorong permintaan layanan, sehingga bisa meningkatkan pendapatan mitra.

Group CEO sekaligus Co-Founder Grab Anthony Tan mengatakan, pandemi corona berpengaruh terhadap keuangan mitra pengemudi dan merchant. “Prioritas utama kami yakni memastikan keselamatan dan keberlangsungan hidup setiap individu yang tergabung dalam platform kami,” kata dia dalam siaran pers, hari ini (30/3).

Salah satunya, memberikan pendanaan secara langsung kepada merchant GrabFood terpilih. Decacorn asal Singapura ini juga akan bermitra dengan pihak ketiga terkait program pemasaran mitra tersebut.

(Baca: Susul Gojek, Petinggi Grab Sumbang 20% Bantu Mitra Terdampak Corona)

“Dengan memastikan ketahanan merchant, kami tidak hanya memenuhi peningkatan permintaan dari pengantaran makanan selama masa krisis ini, tapi juga memberikan lebih banyak peluang penghasilan bagi mitra pengemudi kami,” kata Regional Head of Operations Grab Russel Cohen.

Sekadar informasi, Garda mencatat layanan pesan-antar makanan seperti  GoFood dan GrabFood naik 10-20% pada periode yang sama. Namun, peningkatan ini terbatas karena banyak pusat perbelanjaan ataupun mitra penjual (merchant) yang tutup.

Karena itu, Grab berfokus mendorong bisnis mitra GrabFood supaya permintaan layanan mitra pengemudi bisa meningkat. (Baca: Pendapatan Pengemudi Taksi dan Ojek Online Anjlok 80% Akibat Corona)

Perusahaan juga memberikan pedoman untuk penanganan dan pengemasan termasuk segel makanan yang benar. Di Indonesia, Grab menyediakan 2.000 termometer tembak digital dan Kartu Keterangan Pengiriman GrabFood bagi merchant untuk mencatat tanggal, waktu, nama, dan suhu tubuh karyawan yang menyiapkan makanan.

Lalu, memperkenalkan layanan pengantaran tanpa kontak. Selain itu, membagikan hand sanitizer, semprotan disinfektan untuk mobil, dan lebih dari 1 juta masker bagi mitra pengemudi dan pengantaran.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...