Menko Luhut Kaji Larangan Mudik, Opsinya Menutup Jalan dan Tol

Rizky Alika
31 Maret 2020, 20:26
Menko Luhut Kaji Opsi Pembatasan Jalan Hingga Tol.
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A
Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto (kanan) berbincang dengan Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan (kiri) sebelum mengikuti rapat terbatas (ratas) di Istana Bogor, Selasa (4/2/2020). Luhut masih mengkaji sejumlah opsi pelarangan mudik di tengah wabah corona.

Pemerintah masih mengkaji pelarangan mudik di tengah wabah virus corona di Tanah Air. Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan mengatakan, pemerintah akan mengkaji beberapa opsi, termasuk penutupan jalan dan jalan tol. 

Namun, opsi-opsi tersebut akan dibahas secara matang agar tak menimbulkan pemasalahan di kemudian hari. "Nanti akan kita kaji. Jangan sampai nanti logistik mati atau ambulans jadi tak jalan. Sedang dikaji oleh perhubungan," kata Luhut dalam  video conference, Selasa (31/3).

Advertisement

(Baca: Tangkal Corona, Luhut Akan Bahas Karantina Pendatang dari Luar Negeri )

Menurutnya, segala opsi akan dilihat kemungkinannya dan disarankan mana yang dinilai penting diimplementasikan agar semua lancar. "Tapi social distancing jalan, orang yang tidak kerja juga masih bisa masih hidup dengan bantuan pemerintah," katanya.

Luhut pun tidak ingin pemerintah disebut lambat dalam mengambil kebijakan mudik. Oleh karena itu, pihaknya akan segera menggelar rapat terakhir dan segera dilaporkan ke Presiden.

Luhut tidak menampik adanya kemungkinan pelarangan pengoperasian bus antarkota. Namun, hal ini masih perlu dibahas kembali.

"Kalau (pelarangan) bus antarkota itu mungkin akan terjadi, tetapi saya belum berani berspekulasi, karena keputusan akhir pada rapat," katanya.

 Kebijakan larangan mudik diwacanakan pemerintah seiring maraknya masyarakat yang mudik ke kampung halaman sebelum memasuki bulan Ramadan dan di tengah pandemi corona merebak di Jakarta. 

(Baca: Ancaman Besar Ledakan Virus Corona dari Mudik Lebaran)

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement