Malaysia Sebut 1.290 Kasus Corona Terkait Tablig Akbar Sri Petaling

Ameidyo Daud Nasution
1 April 2020, 18:50
tabligh akbar, malaysia, virus corona
ANTARA FOTO/REUTERS/Lim Huey Teng/hp/dj
Petugas menyemprotkan disinfektan di Kuala Lumpur, Malaysia, Selasa (24/3/2020). Pemerintah malaysia menyebut lebih dari seribu kasus poistif corona terkait klaster tablig akbar Masjid Sri Petaling.

Acara tablig akbar di Masjid Sri Petaling, Malaysia ternyata berujung munculnya klaster besar virus corona Covid-19. Kementerian Kesehatan Malaysia mengatakan paling tidak ada 1.290 orang yang terkait acara tersebut dinyatakan positif corona.

Direktur Jenderal Kesehatan di Kemenkes Malaysia Dr Noor Hisham Abdullah hari Senin (30/3) mengatakan kasus ini didapat dari 14.111 sampel pemeriksaan pada klaster Masjid Sri Petaling.  

“Dari angka itu, 1.290 positif corona, 8.083 negatif, dan 4.783 belum keluar hasilnya,” kata Hisham dilansir dari Kantor Berita Bernama, Rabu (1/4).

(Baca: Pemerintah Akan Gunakan Mesin Uji Penyakit TBC untuk Deteksi Corona)

Pemerintah Malaysia juga melakukan tes serupa pada dua wilayah yang terddampak corona di Simpang Renggam, Johor. Dua lokasi tersebut adalah Kampung Dato’ Ibrahim Majid and Bandar Baharu Dato’ Ibrahim.

Hisham mengatakan pihaknya sedang mengumpulkan sampel dari 300 warga berisiko tinggi di daerah tersebut. “Targetnya dalam 10 hari akan selesai (proses tes),” katanya.

Polisi juga akan mengambil langkah tegas jika ada yang berusaha menyembunyikan informasi kasus dugaan Covid-19, terutama yang berasal dari tablig akbar Sri Petaling.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...