Bulog Pastikan Distribusi Beras Tak Terhambat Pandemi Corona

Rizky Alika
2 April 2020, 14:45
distribusi beras, beras bulog, pandemi corona
ANTARA FOTO/Basri Marzuki/wsj.
Pekerja memanggul beras di gudang Bulog Tondo, Palu, Sulawesi Tengah, Selasa (31/3/2020). Perum Bulog memastikan proses distribusi beras tak terkendala pandemi corona. Bulog bekerja sama dengan kepolisian hingga satgas pangan untuk memperlancar proses distribusi beras.

Perum Bulog memastikan distribusi beras tidak menghadapi kendala selama pandemi corona (Covid-19) berlangsung. Perusahaan pelat merah tersebut telah berkoordinasi dengan jajaran kepolisian hingga satgas pangan untuk memperlancar distribusi.

"Kami melakukan distribusi stok di seluruh Indonesia, tidak ada persoalan," kata Direktur Operasional dan Pelayanan Publik Bulog Tri Wahyudi Saleh kepada Katadata.co.id, Kamis (2/4).

Advertisement

Menurutnya, Bulog telah mendistribusikan stok beras melalui empat pelabuhan besar di Jakarta, Surabaya, Makassar, dan Nusa Tenggara Barat (NTB). Tri menyebutkan, proses bongkar muat di pelabuhan hingga pengiriman ke sejumlah kota tidak menghadapi kendala.

(Baca: Jaga Distribusi Pangan, Jokowi Peringatkan Pemda Tak Blokade Jalan)

Guna mengamankan distribusi, Bulog juga telah berkoordinasi dengan Kepolisian Daerah. Adapun, kendaraan yang bertugas untuk mendistribusikan stok Bulog telah diberikan stiker identitas agar tidak dikenakan pembatasan akses. "Karena kami mendistribusikan kebutuhan masyarakat sehingga perlu memastikan akses lancar," ujar dia.

Pemerintah Siapkan Rp 25 Triliun untuk Antisipasi Kebutuhan Pokok

Sebelumnya, pemerintah juga mencadangkan anggaran sebesar Rp 25 triliun untuk kebutuhan pokok dan operasi pasar logistik. Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan, dana tersebut untuk mengantisipasi kelangkaan bahan pokok di tengah pandemi corona.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement