BNPB Bantah Terima 1 Juta Masker dari Shopee, Hanya 50 Ribu

Fahmi Ahmad Burhan
6 April 2020, 14:18
BNPB Bantah Terima 1 Juta Masker dari Shopee, Hanya 50 Ribu
BNPB
Tenaga Ahli Bidang Media Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Egy Massadiah

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) meluruskan pemberitaan bahwa Shopee menyumbangkan 1 juta masker. Yang benar, BNPB baru menerima 50 ribu lembar dari perusahaan e-commerce tersebut.

Startup asal Singapura itu memang berencana menyumbangkan total 100 ribu masker kepada BNPB. “Faktanya, per hari ini, BNPB hanya menerima 50 ribu masker,” kata Tenaga Ahli Bidang Media BNPB Egy Massadiah dalam siaran pers, Senin (6/4).

Sedangkan sisanya akan diberikan kepada BNPB secara berkala hingga akhir bulan ini. Dari total 1 juta masker, sebanyak 900 ribu didistribusikan melalui aplikasi Shopee dalam bentuk subsidi transaksi.

(Baca: Startup-startup yang Panen Transaksi dan Rugi Akibat Pandemi Corona)

Egy khawatir, pemberitaan yang menyebutkan bahwa Shopee menyumbangkan 1 juta masker kepada BNPB akan menimbulkan persepsi yang keliru. “Karena sampai hari ini tidak ada ralat dari Shopee, maka saya berkepentingan untuk meluruskan supaya masyarakat mengerti situasi sebenarnya,” katanya.

Kendati demikian, ia mengapresiasi perusahaan dan pihak manapun yang membantu percepatan penanganan pandemi corona. “Yang saya minta, jika merasa harus memberitakan bantuan, maka sampaikan dengan benar,” ujar Egy.

Sebelumnya, Shopee menyampaikan bahwa perusahaan mendonasikan masker kepada dokter dan tenaga medis lainnya melalui BNPB dan tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19. Selain donasi, bantuan yang diberikan berupa subsidi harga masker.

(Baca: Seperti Tokopedia, E-Commerce Lain Blokir Penjual Nakal di Masa Corona)

Halaman:
Reporter: Fahmi Ahmad Burhan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...