Gaet Didi Kempot, Shopee Target 12 Juta Lebih Transaksi Saat Harbolnas

Penulis: Desy Setyowati

6/12/2019, 16.42 WIB

Shopee memberikan gratis ongkos kirim hingga cashback 90% saat pesta diskon 12.12 atau harbolnas.

gelar pesta diskon 12.12, Shopee menggaet penyanyi Didi Kempot
Katadata/desy setyowati
Konferensi pers Shopee terkait pesta belanja 12.12. Shopee menggaet penyanyi Didi Kempot.

Shopee menggaet penyanyi Didi Prasetyo atau Didi Kempot sebagai duta merek (brand ambassador). Perusahaan e-commerce ini pun menargetkan transaksi melebihi 12 juta pada saat hari belanja online nasional (harbolnas) atau pesta diskon 12.12.

Pada pesta belanja 12.12 Birthday Sale tahun lalu, Shopee mencatatkan lebih dari 12 juta transaksi di tujuh negara. Capaian itu melampaui semua rekor perusahaan. "Tahun ini kami berusaha melebihi itu," kata Direktur Shopee Indonesia Handhika Jahja di Jakarta, hari ini (6/12).

Bertepatan dengan hari jadi yang keempat, Shopee menggaet Didi Kempot sebagai brand ambassador. Dika mengatakan, perusahaannya ingin merepresentasikan keanekaragaman budaya Indonesia lewat program bernuansa lokal.

Pemilihan Didi Kempot sebagai brand ambassador merupakan bagian dari upaya tersebut. "Mas Didi ini pengaruhnya juga cukup besar," kata Dika.

(Baca: Lazada, Bukalapak, Shopee dan GoPay Beri Diskon Harbolnas hingga 99%)

Didi Kempot telah menciptakan sekitar 800 lagu. Beberapa di antaranya Stasiun Balapan, Cidro, Sewu Kuto, Suket Teki, Pamer Bojo, Banyu Langit, Pantai Klayar, dan Layang Kangen.

Pria kelahiran 1966 itu menilai, kebijakan Shopee memilih dirinya sebagai duta merek menunjukkan bahwa penyanyi tradisional masih diminati. "Ternyata tidak dibeda-bedakan. Shopee membuat kami seniman tradisional tidak berkecil hati," kata Didi.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) pun sempat menyampaikan harapannya agar penyebaran nilai-nilai pancasila bisa melalui lagu-lagu Didi Kempot. Apalagi, pria yang mendapat julukan Bapak Patah Hati Nasional atau Godfather of Broken Heart ini memiliki basis penggemar yang disebut sadboys, sadgirls, dan sobat ambyar.

“Kita hadirkan Pancasila melalui olahraga, musik, dan film. Tidak masalah kita nebeng Didi Kempot, titip sama sad boy dan sad girl, jadi bagian 'sahabat ambyar', atau titip satu lirik di 'Pamer Bojo',” kata Jokowi melalui akun Twitter-nya, Rabu (4/12) lalu.

(Baca: Sambut Hari Kemerdekaan, Jokowi Undang Didi Kempot ke Istana)

Adapun Shopee memberikan beragam promosi pada pesta diskon 12.12 kali ini. Di antaranya gratis ongkos kirim, flash sale Rp 99, produk favorit, promo tematik seperti Semua Rp 5 ribu Day hingga Shopee Tangkap dengan total hadiah Rp 3 miliar.

Selain itu, perusahaan menyediakan promo midnight launch, midnight beauty sale, midnight elektronik, cashback 120%, dan hadiah Toyota Innova Venturer.

Perusahaan asal Singapura ini juga menyediakan gim baru, Shopee Tanam. Pengguna diajak untuk menanam buah-buahan pilihan dan menyiramnya secara rutin hingga buahnya siap untuk dipanen. Nantinya, pengguna akan mendapat hadiah.

(Baca: Setelah Tokopedia, Shopee Sediakan Fitur Syariah)

Reporter: Desy Setyowati

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha

Video Pilihan