Di Tengah Pandemi Corona, Harga Pangan di Jakarta Masih Stabil Tinggi

Rizky Alika
7 April 2020, 17:38
Di Tengah Pandemi Corona, Harga Pangan di Jakarta Masih Stabil Tinggi.
ANTARA FOTO/Akbar Tado/aww.
Suasana aktivitas jual beli di Pasar Tradisional Mamuju, Sulawesi Barat, Kamis (2/4/2020). Harga sejumlah bahan pokok di pasar stabil tinggi di tengah pandemi corona.

Di tengah penyebaran wabah virus corona di Jakarta, harga pada sejumlah bahan pokok di DKI Jakarta terpantau stabil pada rentang harga yang tinggi. Pusat Informasi Harga Pangan Strategis (PIHPS) mencatat, harga komoditas seperti gula, cabai rawit merah, bawang putih, bawang merah, beras, daging ayam dan sapi, hingga minyak goreng curah  hingga kini ada kenaikan di Jakarta.

Ketua Umum Ikatan Pedagang Pasar Tradisional (Ikappi) Abdullah Mansuri mengatakan, naiknya harga sejumlah kebutuhan pokok di Jakarta lebih disebabkan oleh faktor psikologis pembeli.

(Baca: Swalayan Boleh Buka hingga di Atas Jam 10 Malam Selama PSBB)

Menurutnya, banyak masyarakat merasa khawatir terhadap penyebaran virus corona (Covid-19), sehingga banyak masyarakat membeli bahan pokok untuk stok selama proses pembatasan sosial diberlakukan pemerintah.

"Namun, ini belum memasuki fase panic buying karena peningkatan permintaan belum sampai 50%," kata dia kepada katadata.co.id, Selasa (7/4).

Menurutnya, kenaikan permintaan di pasar tradisonal Jakarta pada Sabtu dan Minggu lalu hanya sekitar 20-30%. Utamanya permintaan gula, cabai rawit merah, bawang merah, dan bawang putih. Ia pun mengatakan, kenaikan pada empat komoditas tersebut berlaku secara nasional.

Selain psikologi pasar, ia memperkirakan ada kendala pada produksi dan distribusi cabai rawit merah dan bawang merah. Hal ini menyebabkan pasokan di pasar tidak seimbang dengan permintaannya.

Sementara terkait pasokan gula, Abdullah memperkirakan ada kendala pada rantai distribusi. Hal ini menyebabkan harga gula terus tinggi, kendati pemerintah telah mengalihkan 303 ribu ton stok gula industri untuk kebutuhan konsumsi.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...