11 Aplikasi untuk Berbelanja Bahan Pokok Saat Pandemi Corona

Cindy Mutia Annur
Oleh Cindy Mutia Annur - Fahmi Ahmad Burhan
7 April 2020, 05:50
11 Aplikasi untuk Berbelanja Bahan Pokok Saat Pandemi Corona
ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan
Ilustrasi, pedagang menata sayuran yang dijual di Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Senin (27/1/2020).

Pemerintah mengimbau masyarakat untuk melakukan pembatasan sosial (social distancing) guna menekan penyebaran Covid-19. Setidaknya ada 11 platform baik aplikasi maupun situs web untuk berbelanja bahan pokok saat pandemi corona.

Pertama, TaniHub. Konsumen bisa membeli sayur, buah, beras, ikan hingga daging melalui aplikasi ini. VP of Corporate Services TaniHub Astri Purnamasari mencatat ada 52 ribu pengguna baru sejak Maret. Penjualan produk segar melonjak.

Begitu juga transaksi produk tanaman herbal meningkat sekitar 20%. “Sejauh ini, kami belum mengalami kendala pengantaran terkait pembatasan akses (akibat pandemi corona),” kata Astri kepada Katadata.co.id, Senin (6/4).

Kedua, HappyFresh yang juga mencatatkan peningkatan transaksi bahan pokok dan buah-buahan. “Kategori personal hygiene dan home care juga meningkat," ujar Managing Director HappyFresh Indonesia Filippo Candrini.

(Baca: TaniHub, Wahyoo dan Tukangsayur Dukung Penyaluran Bantuan Lewat Warung)

Ketiga, Tukangsayur.co yang mengalami lonjakan pengguna 10 kali lipat. Transaksi di aplikasi juga meningkat lima kali lipat sejak virus corona menyebar di Indonesia.

Keempat, Brambang.com yang menawarkan berbagai produk segar seperti sayur, buah, ayam, daging, dan lainnya bisa dipesan lewat aplikasi. Perusahaan juga menawarkan gratis ongkos kirim untuk Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek). 

Kelima, Chilibeli yang memberdayakan agen seperti ibu rumah tangga dalam menawarkan produknya. Perusahaan yang berdiri pada Juli 2019 ini mencatatkan pertumbuhan bisnis rata-rata 150% setiap bulan.

Keenam, Sayurbox yang menjajakan bahan pokok seperti sayur dan buah. Platform ini mengusung jargon produk tanpa pestisida dari petani lokal.

(Baca: Startup Lokal Chilibeli Dapat Pendanaan Rp 157 Miliar dari Investor AS)

Ketujuh, GoMart di aplikasi Gojek. Melalui fitur ini, pengguna bisa membeli makanan dan minuman, produk kecantikan, Kesehatan dan perawatan diri, kebutuhan ibu dan anak, perlengkapan rumah hingga alat tulis.

Pembayaran dapat dilakukan secara tunai maupun GoPay. Saat ini, decacorn Tanah Air itu menawarkan diskon hingga 59% untuk produk tertentu.

Halaman:
Reporter: Cindy Mutia Annur, Fahmi Ahmad Burhan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...