Imbas Corona, BRI Restrukturisasi Kredit 134 Ribu Debitur UMKM

Image title
7 April 2020, 12:27
Ilustrasi, logo PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI). Menanggapi instruksi pemerintah dan OJK, BRI telah memberikan retrukturisasi bagi 134.000 debitur UMKM dengan total nilai Rp 14,9 miliar.
Arief Kamaludin|KATADATA
Ilustrasi, logo PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI). Menanggapi instruksi pemerintah dan OJK, BRI telah memberikan retrukturisasi bagi 134.000 debitur UMKM dengan total nilai Rp 14,9 miliar.

Menjalankan instruksi pemerintah dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK), perbankan telah memberikan fasilitas keringanan kredit bagi pada debitur tercampak pandemi corona.

PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) misalnya, telah melakukan restrukturisasi kredit bagi 134.000 debitur usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), yang terdampak pandemi corona.

Corporate Secretary BRI Amam Sukriyanto menjelaskan, restrukturisasi tersebut dilakukan sejak tanggal 16 Maret hingga 31 Maret 2020, dengan nilai pinjaman yang direstrukturisasi mencapai Rp 14,9 Triliun.

“Skema restrukturisasi yang diberikan BRI untuk masing masing debitur berbeda disesuaikan dengan kondisi yang dihadapi, dengan catatan usaha debitur masih memiliki prospek yang baik dan secara personal debitur memiliki itikad baik atau kooperatif ,” ujar Amam kepada katadata.co.id, Selasa (7/4).

Amam pun memastikan, bahwa proses restrukturisasi kredit dilakukan dengan tetap memegang prinsip kehati-hatian, dengan melakukan penilaian terkait seberapa besar dampak pandemi corona terhadap usaha debitur.

“Di sisi lain, implementasi relaksasi ini merupakan wujud komitmen BRI yang mendukung Pemerintah dalam upaya melindungi dan menyelamatkan para pelaku UMKM di Indonesia akibat imbas dari penyebaran virus corona,” ujarnya.

Tak hanya memberikan relaksasi semata, BRI juga memiliki berbagai program lain untuk tetap mendukung pertumbuhan para pelaku UMKM di tengah kondisi saat ini.

(Baca: Jokowi: Keringanan Kredit untuk Pekerja Informal & UMKM Berlaku April)

Program tersebut  diantaranya pendampingan dan konsultasi bisnis oleh lebih dari 38.000 Relationship Manager BRI, membantu menjual produk UMKM melalui Indonesia Mall, menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan virtual dan juga melalui penyaluran berbagai jenis program CSR BRI.

Halaman:
Reporter: Muchammad Egi Fadliansyah
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...