Sembako Senilai Rp 600 Ribu Disiapkan untuk 4,1 Juta Warga Jabodetabek

Dimas Jarot Bayu
7 April 2020, 16:07
Ilustrasi, bantuan sosial berupa sembako. Untuk meredam efek negatif corona, pemerintah akan memberikan bantuan sosial (bansos) khusus berupa sembako untuk 4,1 juta warga Jabodetabek.
ANTARA FOTO/Prasetia Fauzani/foc.
Ilustrasi bantuan sosial berupa sembako. Untuk meredam efek negatif corona, pemerintah akan memberikan bantuan sosial (bansos) khusus berupa sembako untuk 4,1 juta warga Jabodetabek.

Pemerintah akan memberikan bantuan sosial (bansos) khusus berupa sembako kepada 4,1 juta warga Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) yang terdampak pandemi corona.

Rinciannya, paket tersebut akan diberikan kepada 2,5 juta warga atau 1,2 juta keluarga di Jakarta. Sementara bansos khusus untuk wilayah Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi, akan diberikan pada kepada 1,6 juta warga atau 576 ribu keluarga.

Menteri Sosial Juliari Batubara mengatakan, bansos khusus itu senilai Rp 600 ribu per orang. "Kami akan berikan bansos khusus berupa sembako. Ini sedang kami siapkan," ujar Juliari, usai rapat terbatas melalui video conference, Selasa (7/4).

Juliari mengatakan, bansos khusus ini akan diberikan mulai dua pekan mendatang, dengan rentang waktu pemberian direncanakan selama tiga bulan. Selama menunggu penyaluran bansos khusus tersebut, pemerintah akan mendistribusikan 200 ribu paket sembako untuk warga di Jakarta, senilai Rp 200 ribu per orang.

"Jadi ini adalah untuk menunggu kekosongan sampai dengan bansos khusus dari Presiden untuk wilayah Jabodetabek," kata Juliari.

(Baca: Jaga Daya Beli, Jokowi Minta Padat Karya Tunai Naik Lima Kali Lipat)

Halaman:
Reporter: Dimas Jarot Bayu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...