Trafik Internet Telkomsel dan XL Melonjak hingga 16% Imbas Corona

Image title
7 April 2020, 15:49
Trafik Internet Telkomsel dan XL Melonjak hingga 16% Imbas Corona
ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi
Ilustrasi, teknisi melakukan perawatan menara BTS 4G milik XL Axiata yang berlokasi di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika Desa Kuta, Kecamatan Pujut, Praya, Lombok Tengah, NTB, Jumat (15/11/2019).

Pandemi corona memaksa banyak orang untuk menjaga jarak fisik (physical distancing) dan berdiam diri di rumah. Alhasil, trafik data atau internet Telkomsel dan XL Axiata melonjak hingga 16%.

VP Corporate Communications PT Telkomsel  Tbk Denny Abidin mengatakan, peningkatan trafik internet paling besar yakni untuk aplikasi belajar online. “Yang meningkat lebih dari 5.404%,” kata dia melalui pesan singkat kepada Katadata.co.id, Selasa (7/4).

Advertisement

Salah satu faktor pendorongnya, karena perusahaan menyediakan paket bebas kuota hingga 30 Gigabyte (GB) untuk menggunakan platform belajar online. Kuota gratis ini tersedia untuk mengakses RuangGuru, Zenius, Bahaso, Cakap, Sekolahmu, Rumah Belajar, Quipper, dan ratusan situs e-learning kampus.

Penggunaan internet untuk aplikasi penunjang kerja dari rumah seperti Zoom, Microsoft Teams, dan CloudX Telkomsel melonjak lebih dari 443%. Perusahaan berpelat merah ini juga menyediakan paket bebas kuota data hingga 60 GB untuk mengakses aplikasi CloudX.

(Baca: Penggunaan Internet Melonjak, XL hingga Indosat Minta Keringanan Pajak)

CloudX merupakan solusi bisnis korporasi dalam bentuk layanan komunikasi berbasis cloud untuk perpesanan (chatting) dan pertemuan (meeting). Telkomsel mencatat, jumlah perusahaan yang menggunakan layanan ini melonjak 2.100% sejak diluncurkan pada Januari lalu.

Lalu, penggunaan internet untuk layanan media sosial cenderung stabil. Sedangkan untuk aplikasi pesan instan seperti Whatsapp, Line, dan Telegram tumbuh 40%. Lalu trafik internet untuk gim online meningkat 34%.

Untuk layanan hiburan seperti streaming video  melalui Youtube dan MAXstream, trafik payload melonjak 17%. Pengguna MAXstream juga meningkat 18% dibandingkan bulan sebelumnya.

Halaman:
Reporter: Muchammad Egi Fadliansyah
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement