Telkomsel-XL Beri Diskon Work from Home, Kuota Gratis Justru Dicurangi

Fahmi Ahmad Burhan
19 Maret 2020, 16:06
Telkomsel hingga XL Axiata Beri Diskon Work from Home, Kuota Gratis Justru Dicurangi
telkomsel
Ilustrasi MyTelkomsel yang menawarkan kuota internet gratis 30 GB untuk layanan belajar online.

Perusahaan telekomunikasi seperti Telkomsel dan XL Axiata memberikan promosi untuk mendukung penerapan belajar dan kerja dari rumah alias work from home. Namun, beberapa YouTuber membagikan tutorial untuk mengalihkan kuota internet gratis khusus platform tertentu itu menjadi reguler, sehingga bisa digunakan untuk media sosial dan lainnya.

Akun YouTube GR Studio misalnya, mengunggah video tutorial dengan judul 'cara internet gratis kuota ruangguru jadi internet biasa'. Video tersebut diunggah pada Senin (16/3) lalu, dan sudah ditonton 82.305 kali. 

Ada juga akun Rizky Vloger #24 yang mengunggah video tutorial berjudul 'BARU 2020 || CARA UBAH KUOTA RUANG GURU JADI 30 GB, PAKAI CARA INI WORK || INTERNET GRATIS'. Video tersebut diunggah pada Senin (16/3), dan ditonton 19.495 kali.

Telkomsel memang bekerja sama dengan Ruangguru untuk memberikan kuota gratis 30 Gigabyte (GB) bagi pelajar yang belajar online sejak Senin lalu. Kuota gratis itu hanya bisa digunakan untuk mengakses platform Ruangguru.

(Baca: Imbas Work from Home, Trafik Internet Telkomsel hingga XL Melonjak)

Operator milik negara itu juga bekerja sama dengan startup pendidikan lainnya, untuk menyediakan diskon serupa. Sama seperti Ruangguru, kuota gratis hanya bisa dipakai untuk platform tertentu.

Vice President Corporate Communications Telkomsel Denny Abidin menyesalkan adanya video tutorial seperti itu. "Masyarakat pada umumnya dapat dengan bijak memanfaatkan fasilitas yang kami hadirkan sesuai dengan fungsinya," kata dia kepada Katadata.co.id, Kamis (19/3).

Perusahaan pun langsung mengecek sistem secara internal dan memastikan keamanannya tetap terjaga. "Telkomsel juga telah berkoordinasi dengan seluruh mitra terkait, untuk menjamin layanan yang diberikan dapat digunakan semestinya," ujar Denny.

Selain kuota gratis 30 GB, Telkomsel memberikan beberapa fasilitas khusus untuk mendukung work from home. Beberapa di antaranya paket bebas biaya langganan dan kuota data bebas akses fitur rapat dari CloudX yakni CloudX Meeting. Bebas biaya berlaku hingga sebulan.

Pengguna juga bisa mendapatkan bebas kuota 60 GB untuk host meeting, sementara pesertanya mendapat kuota gratis 30 GB. (Baca: 1 Juta Konsumen Ruangguru Pakai Kuota Gratis, Trafik Telkomsel Meroket)

Halaman:
Reporter: Fahmi Ahmad Burhan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...