Efek Corona, 4 Produk Ini Lebih Diminati Ketimbang Baju Jelang Ramadan

Cindy Mutia Annur
8 April 2020, 18:01
Bukan Baju, Penjualan 4 Produk Ini Melonjak Jelang Ramadan Efek Corona
ANTARA FOTO/Aprillio Akbar
Ilustrasi, warga memilih barang-barang belanjaan yang dijual secara daring di Jakarta, Jumat (27/12/2019).

Jelang Ramadan, empat kategori produk lebih diminati akibat pandemi corona. Keempatnya yakni produk kesehatan, penunjang kerja dari rumah, hobi, serta makanan dan minuman.

Berdasarkan catatan Katadata.co.id, penjualan pakaian dan produk kecantikan meningkat tiga kali lipat secara tahunan (year on year/yoy) di Shopee dan Lazada pada awal Ramadan tahun lalu. Kini, produk kesehatan justru lebih diminati akibat mewabahnya virus corona.

Riset dilakukan dengan membandingkan pola belanja online pada Februari dan Maret lalu, memanfaatkan data impression dari Google. Metodologi yang digunakan yakni dengan melacak minat belanja online warga Indonesia terhadap sejumlah produk selama masa pandemi.

(Baca: Shopee Target Transaksi Naik 300% Lebih Saat Ramadan meski Ada Pandemi)

Hasilnya, tren minat pembelian produk kesehatan seperti hand sanitizer melonjak 5.585%. Peningkatan tertinggi kedua untuk kategori ini yaitu Vitamin C 1986%. Disusul sabun pencuci tangan 1.395%, termometer 1.007%, dan masker bedah 167%.

"Minat belanja produk kesehatan secara online mengalami peningkatan yang signifikan," demikian dikutip dari laporan iPrice, Rabu (8/4).

Kedua, produk yang mendukung kerja dari rumah. Minat belanja webcam meningkat 1.572%, karena digunakan untuk rapat dan belajar online. Lalu, minta berbelanja kertas folio naik 377% sejak Februari lalu.

"Dapat diprediksi, pembelian alat tulis kantor juga akan meningkatkan dalam sebulan jika melihat tren. Apalagi, jika masa bekerja dan belajar dari rumah diperpanjang,” demikian dikutip.

Halaman:
Reporter: Cindy Mutia Annur
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...