Fintech DANA Buat Fitur Data Warung untuk Salurkan Bantuan Efek Corona

Fahmi Ahmad Burhan
8 April 2020, 17:35
Fintech DANA Buat Fitur Data Warung untuk Dapat Bantuan Pandemi Corona
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Ilustrasi DANA di acara Indonesia Fintech Summit & Expo 2019 di Jakarta Convention Center,  Jakarta (23/9). 

Startup teknologi finansial (fintech) pembayaran DANA membuat fitur pendataan warung, dalam rangka program Siap Siaga Covid-19. Warung yang terdata bakal mendapat bantuan pemerintah guna menahan dampak pandemi corona terhadap perekonomian masyarakat.

Bantuan yang diberikan dapat berupa uang tunai atau persediaan bahan pokok dengan harga normal. Kebutuhan pokok ini akan disediakan oleh Badan Usaha Milik Negara (BUMN) klaster pangan yang bekerja sama dengan Kementerian Koperasi dan UKM.

Advertisement

"Melalui fitur itu, kami mengajak pengguna DANA untuk mendaftarkan warung-warung di sekitar tempat tinggalnya," kata CEO DANA Vincent Iswara dalam siaran pers pada Rabu (8/4). 

(Baca: TaniHub, Wahyoo dan Tukangsayur Dukung Penyaluran Bantuan Lewat Warung)

Pengguna DANA bisa mendaftarkan warung terdekat agar bisa mendapat bantuan dari pemerintah. Caranya, akses miniprogram Siap Siaga Covid-19 pada platform DANA untuk mendaftarkan warung.

Kemudian pengguna bisa memilih opsi 'Daftarkan Warung Sekitar Kamu'. Pengguna hanya perlu mengisi nama, nomor telepon pemilik warung, jenis usaha, serta alamat tempat usaha.

Daftar warung itu akan langsung diserahkan kepada Kementerian Koperasi dan UKM. Kementerian Koperasi dan UKM memang mempunyai program pendataan para pelaku UMKM, termasuk warung kelontong dan warung makan kecil yang terdampak pandemi corona.

Halaman:
Reporter: Fahmi Ahmad Burhan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement