Terpukul Harga Minyak, Industri Penunjang Migas Minta Insentif Fiskal

Image title
8 April 2020, 19:07
harga minyak, migas, insentif fiskal
KATADATA/
Ilustrasi, kegiatan pengeboran migas. Industri jasa penunjang migas terpukul kejatuhan harga minyak. Pelaku industri tersebut pun meminta insentif fiskal kepada pemerintah.

Pelaku industri jasa penunjang migas ikut terpukul penurunan harga minyak. Mereka pun meminta pemerintah memberikan insentif fiskal.

Direktur Eksekutif Asosiasi Perusahaan Migas Nasional (Aspermigas) Moshe Rizal Husin mengatakan industri jasa penunjang menjadi industri pertama yang terdampak rendahnya harga minyak dunia. Sebab, kontrak jasa akan berkurang jika kontraktor migas sudah efisiensi biaya jasa dan suplai peralatan. 

"Order pekerjaan akan menurun, kontrak ditunda, dan lain-lain," ujar Moshe kepada Katadata.co.id, Rabu (8/4).

Oleh karena itu, dia berharap pemerintah memberikan insentif fiskal. Hal itu penting untuk menghindari Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) karyawan secara massal.

"Tidak banyak yang bisa pemerintah lakukan karena banyak sektor lain yang lebih berat dampaknya. Mungkin yang bisa kami harapkan yaitu keringanan kredit dan pajak," ujar dia.

(Baca: SKK Migas Sebut Pengeboran Sumur Migas Tertunda Karena Pandemi Corona)

Menurut Moshe, insentif tersebut bisa membantu industri jasa penunjang bertahan di tengah situasi yang kompeks saat ini. Pasalnya, industri hulu migas tak hanya harus bertahan di tengan kejatuhan harga minyak.

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...