WHO Rekomendasikan Dua Alat Tes Virus Corona Produksi AS dan Inggris

Ameidyo Daud Nasution
8 April 2020, 21:45
tes corona, virus corona, WHO, covid-19
ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya
Pengujian Polymerase Chain Reaction (PCR) berbasis digital (ddPCR) di Laboratorium LIPI , Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Rabu (30/10/2019). WHO (7/4) mengeluarkan rekomendasi bagi dua alat tes virus corona.

Badan kesehatan dunia (WHO) mengeluarkan rekomendasi dua alat tes untuk menguji virus corona Covid-19 pada hari Selasa (7/4). Tujuannya agar negara-negara di dunia dapat rujukan untuk mendapatkan alat tes berkualitas di tengah situasi darurat kesehatan seperti corona.

Dua alat tersebut adalah Genesig Real-Time PCR Coronavirus (COVID-19) milik perusahaan bioteknologi Inggris yakni Primerdesign. Satu lagi adalah Cobas SARS-CoV-2 Qualitative assay for use on the cobas® 6800/8800 Systems  yang diproduksi Roche Molecular Systems Inc. Meski demikian, cucu usaha Roche dari Swiss ini terdaftar secara resmi sebagai perusahaan Amerika Serikat. 

WHO telah memasukkan keduanya dalam daftar penggunaan darurat atau emergency use listing procedure (EUL). Mereka berharap negara mitra dan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) dapat menjadikan rekomendasi ini sebagai rujukan ala tes virus corona.

“Sangat penting bagi negara-negara untuk mengatasi pandemi dengan alat terbaik,” kata Asisten-Direktur Jenderal WHO untuk Obat-obatan dan Produk Kesehatan Dr Mariângela Simão dari laman WHO, Rabu (8/4).

(Baca: BUMN Datangkan Alat PCR dari Swiss, Mampu 300 Ribu Tes Corona Sebulan)

Dua alat ini bisa jadi bukan yang pertama dan terakhir mendapatkan label rekomendasi oleh WHO. Di laman badan tersebut, paling tidak masih ada 28 alat tes Covid-19 lain yang masih dalam proses verifikasi untuk direkomendasikan.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...