Beda Strategi Shopee dan Tokopedia Sambut Ramadan di Tengah Pandemi

Pingit Aria
9 April 2020, 12:05
Direktur Shopee Indonesia Handhika Jahja dan Brand Ambassador Shopee Nella Kharisma saat konferensi pers online, Rabu (8/4).
shopee
Direktur Shopee Indonesia Handhika Jahja dan Brand Ambassador Shopee Nella Kharisma saat konferensi pers online, Rabu (8/4).

Hanya dua pekan menjelang Ramadan, beberapa e-commerce telah menyiapkan berbagai program promosi. Lalu, apakah kebiasaan itu berubah saat tahun ini bulan suci datang di tengah pandemi?

Virus corona di Indonesia pertama kali terdeteksi di Indonesia pada Maret 2020 lalu. Beberapa ahli memprediksi wabah Covid-19 akan bertahan hingga beberapa bulan ke depan, termasuk saat Ramadan dan Lebaran.

Advertisement

Bagaimana virus corona dan seruan untuk tetap di rumah akan mengubah pola konsumsi masyarakat yang biasanya cenderung meningkat saat mempersiapkan hari raya? Bagaimana pula toko-toko online akan beradaptasi?

Shopee tetap meluncurkan program Big Ramadhan Sale. Untuk menyesuaikan dengan kondisi pandemi, tagline yang dipilih adalah #ShopeeDariRumah.

Pada Ramadan kali ini, Shopee menawarkan tiga promosi. Pertama, bagi-bagi Tunjangan Hari Raya (THR) total Rp 10 miliar melalui fitur gim Shopee Tanam. Kedua, gratis ongkos kirim. Ketiga, Pasti Diskon 50% untuk barang-barang tertentu. Kampanye Big Ramadhan Sale Shopee berlangsung sejak 6 April hingga 25 Mei 2020.

(Baca: Efek Corona, 4 Produk Ini Lebih Diminati Ketimbang Baju Jelang Ramadan)

Perusahaan e-commerce asal Singapura itu optimistis penjualan akan tetap tinggi selama Ramadan. Shopee bahkan menargetkan transaksi akan melonjak tiga digit saat Ramadan nanti. "Tentunya, tahun ini kami menargetkan lebih tinggi dibanding tahun lalu,” kata Direktur Shopee Indonesia Handhika Jahja saat konferensi pers, Rabu (8/4). Pada Ramadan tahun lalu, transaksi di platform Shopee meningkat 300% dibanding periode yang sama pada 2018.

Jika biasanya produk yang paling diminati selama Ramadan hingga Lebaran yakni busana muslim, fashion wanita, dan kecantikan. Handhika memperkirakan, trennya sedikit berubah pada tahun ini.

Bahan pokok, kebutuhan sehari-hari, sabun cuci tangan, dan peralatann medis seperti masker dan sarung tangan diprediksi tetap diminati hingga Lebaran.

Halaman:
Reporter: Cindy Mutia Annur
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement