Mengenang Perjalanan Karier dan Karya Glenn Fredly

Pingit Aria
9 April 2020, 05:30
Penyanyi Glenn Fredly dikabarkan meninggal dunia pada Rabu (8/4).
Instagram/@glennfredly309
Penyanyi Glenn Fredly dikabarkan meninggal dunia pada Rabu (8/4).

Penyanyi Glenn Fredly meninggal dunia akibat penyakit meningitis pada Rabu (8/4). Pria dengan nama lengkap Glenn Fredly Deviano Latuihamallo ini lahir pada 30 September 1975.

Meski lahir di Jakarta, Glenn adalah seorang putra Maluku. Kedua orang tuanya, Hengki Latuihamallo dan Linda Latuihamallo berasal dari Ambon.

Ia telah menyukai dunia tarik suara dari kecil. Glenn menjuarai berbagai perlombaan, mulai dari lomba menyanyi yang diadakan oleh Yayasan Musik Indonesia pada tahun 1984, Vini Vidi Vici, hingga Cipta Pesona Bintang RCTI tahun 1992.

Glenn mengawali karirnya sebagai penyanyi profesional setelah lulus SMA pada tahun 1995. Saat itu ia menjadi vokalis band Funk Section. Setelah tiga tahun, ia memutuskan untuk bersolo karier dan meluncurkan album pertamanya.

Seolah memperkenalkan diri pada penikmat musik, album itu diberi judul sesuai nama depannya, Glenn. Dari delapan lagu dalam album tersebut, ada tiga lagu yang kerap dibawakannya, yaitu "Kau", "Cukup Sudah", dan "Mobil Mama" yang menjadi hits di Malaysia. 

(Baca: Penyanyi Glenn Fredly Meninggal Dunia)

Sukses dengan album perdananya, dia meluncurkan album Kembali pada tahun 2000. Di album ini, lagu yang membuatnya makin terkenal adalah “Kasih Putih”.

Lagu itu membuat Glenn meraih penghargaan dalam kategori lagu terbaik dan penyanyi pria terbaik kategori musik R&B di Anugerah Musik Indonesia 2001. Meski, penjualan albumnya saat itu belum memuaskan pihak label.

Baru pada 2003, Glenn merilis album ketiga yang sekaligus menjadi pembuktiannya di kancah musik Tanah Air, Selamat Pagi, Dunia. Lagu tenarnya yang berjudul “Januari” sampai saat ini masih akrab di telinga banyak orang. Lagu patah hati ini tercipta setelah kisah cintanya dengan Nola B3 kandas.

Glenn memang dikenal dengan lagu-lagu dengan lirik romantis seperti "Terserah", dan "Akhir Cerita Cinta". Meski dia juga kerap membuat berbagai lagu bertempo cepat, namun kebanyakan masih bertema cinta seperti “Hikayat Cinta”, danYou Are My Everything”

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...