Tentang Meningitis, Penyakit yang Merenggut Nyawa Glenn Fredly

Pingit Aria
9 April 2020, 10:22
Ambulan yang mengangkut jenazah penyanyi Glenn Fredly meninggalkan RS Setia Mitra, Fatmawati, Jakarta Selatan, Rabu (8/4/2020). Penyanyi Glenn Fredly meninggal dunia di usia 44 tahun akibat penyakit meningitis.
ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/pras.
Ambulan yang mengangkut jenazah penyanyi Glenn Fredly meninggalkan RS Setia Mitra, Fatmawati, Jakarta Selatan, Rabu (8/4/2020). Penyanyi Glenn Fredly meninggal dunia di usia 44 tahun akibat penyakit meningitis.

Penyanyi Glenn Fredly meninggal pada usia 44 tahun di Rumah Sakit Setia Mitra Fatmawati. Penyakit radang selaput otak atau meningitis menjadi penyebab berpulangnya musisi yang dikenal lewat lagu-lagu romantis ini.

"Sudah lama punya penyakit ini, kemarin harusnya opname. Tetapi karena keadaan rumah sakit lagi chaos karena Covid-19, ya dibawa ke rumah. Nah, mungkin di rumah alat dan penanganan kurang memadai," kata Armand Maulana, Rabu (8/4), dikutip Liputan6.

Melansir Healthline, penyakit meningitis adalah peradangan pada meninges, yakni sistem membran yang melindungi sistem saraf pusat.

Meninges sendiri terdiri dari tiga selaput yang menutupi otak dan sumsum tulang belakang. Meningitis dapat terjadi ketika cairan di sekitar meninges atau selaput yang melapisi otak terinfeksi.

(Baca: Penyanyi Glenn Fredly Meninggal Dunia)

Umumnya, penyebab meningitis adalah akibat infeksi virus dan bakteri. Namun, peradangan juga bisa terjadi saat daya tahan tubuh melemah akibat kanker, iritasi kimia, jamur atau parasit dan alergi obat.

Beberapa jenis meningitis yang disebabkan oleh virus dan bakteri ini dapat menular melalui batuk, bersin, atau kontak dekat.

Gejala meningitis

Penyakit radang selaput otak ini umumnya menunjukkan gejala serupa. Namun, gejala meningitis karena bakteri biasanya lebih parah. Gejalanya juga bervariasi tergantung pada profil dan usia pasien yang terinfeksi.

Semua golongan usia berpotensi terjangkit meningitis, termasuk bayi. Apabila meningitis tidak ditangani dengan tepat, kondisi ini dapat memburuk dan memicu komplikasi, termasuk gagal ginjal.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...