Imbas Corona, Beli Bahan Pokok di Amazon Harus Antre dan Dibatasi

Desy Setyowati
13 April 2020, 13:58
Imbas pandemi Corona, Beli Bahan Pokok di Amazon Harus Antre dan Dibatasi
Patrick de Grijs|123RF.com
Aplikasi Amazon di Ponsel

Pembeli bahan pokok di Amazon melonjak akibat pandemi corona di beberapa negara. Bahkan konsumen grosir masuk daftar tunggu (wait list), karena perusahaan e-commerce asal Amerika Serikat (AS) ini harus menambah kapasitas.

Konsumen harus antre karena permintaan melebihi slot pengiriman Amazon. Perusahaan mencatat, jumlah penjual di jaringan toko Whole Foods yang menawarkan antar barang meningkat dari 80 menjadi 150 lokasi.

Untuk memenuhi permintaan konsumen, Amazon mempersingkat jam buka beberapa toko Whole Foods untuk umum. Dengan begitu, “karyawannya dapat memenuhi pesanan bahan makanan lebih cepat,” demikian kata perusahaan dikutip dari Reuters, Senin (13/4).

Perusahaan menawarkan layanan pengiriman bahan makanan lewat Amazon Fresh dan Amazon Prime Now dari gudang milik sendiri dan toko Whole Foods. Saat ini, Amazon menjalankan 487 toko Whole Foods di Amerika Serikat. Toko-toko ini telah membatasi jumlah pelanggan.

(Baca: Amazon Ancam Pecat Pegawai yang Langgar Pembatasan Sosial Saat Pandemi)

Amazon mengakuisisi Whole Foods senilai US$ 13,7 miliar pada Agustus 2017. Perusahaan yang dipimpin Jeff Bezos ini pun melengkapi layanan menjadi Online to Offline (O2O) lewat pemesanan online dan langsung ke toko.

Bulan lalu, Amazon menangguhkan layanan pengiriman Prime Pantry untuk sementara. Prime Pantry merupakan layanan menjual bahan makanan yang tidak tahan lama.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...