Jokowi Ingatkan Krisis Pangan, Mentan Klaim Persediaan Surplus

Rizky Alika
14 April 2020, 13:46
stok pangan, pandemi corona, menteri pertanian, virus corona, krisis pangan
ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan
Ilustrasi. Kementerian Pertanian memastikan persediaan 11 komoditas pangan seperti daging sapi, kerbau, ayam, serta telur saat ini cukup, bahkan surplus meski ada pandemi corona.

Presiden Joko Widodo mewaspadai peringatan Oragnisasi Pangan dan Pertanian atau FAO yang menyebutkan pandemi corona berpotensi menyebabkan krisis pangan dunia. Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menjamin, stok pangan dalam negeri saat ini surplus.

Ia menjelaskan, persediaan 11 komoditas pangan seperti daging sapi, kerbau, ayam, serta telur cukup, bahkan surplus. Pihaknya pun akan berupaya untuk menjaga neraca pangan tersebut.

"Tantangan yang akan dihadapi adalah krisis pangan sesudah Covid-19. Oleh karena itu kami akan bekerja," kata dia di Kantor Kementerian Pertanian, Jakarta, Selasa (14/4).

Meski ada keterlambatan impor pangan, ia memastikan stok domestik mencukupi kebutuhan pangan nasional. Ini terutama didukung oleh kerja sama kementerian/lembaga dan mitra lainnya.

Dengan kondisi tersebut, ia berharap tidak ada masyarakat yang panik dan memborong bahan pangan maupun pedagang yang menimbun stok. "Jadi sampai Lebaran, stok dalam keadaan baik," ujar dia.

(Baca: Jokowi: Dampak Ekonomi dari Pandemi Corona Berlanjut hingga 2021)

Dalam acara tersebut, sejumlah daerah turut melaporkan stok pangannya. Dinas PKH Jabar melaporkan, wilayah Jawa Baarat surplus daging ayam sebanyak 137 ribu ton. Secara rinci, kebutuhan konsumsi daging ayam mencapai 175 ribu ton dengan ketersediaan 312 ribu ton.

Sementara, kebutuhan daging sapi mencapai 88.012 ton, tetapi ketersediaan di wilayah tersebut defisit. Meski demikian,  wilayah Jawa Barat telah memenuhi pasokan daging sapi dari provinsi lain maupun impor. 

Untuk kebutuhan telur ayam, Jawa Barat memerlukan 200 ribu ton untuk April-Juli 2020 dengan ketersediaan yang defisit. Namun, Jawa Barat akan mendapatkan pasokan telur dari Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Sumatera Utara.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...