Penurunan IHSG Diprediksi Berlanjut Jelang Pengumuman Bunga Acuan BI

Image title
14 April 2020, 06:56
IHSG Diprediksi Lanjutkan Penurunan Jelang Pengumuman Suku Bunga BI.
ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/nz
Layar informasi pergerakan harga saham di gedung Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Selasa (31/3/2020). IHSG diramal kembali turun menjelang diumumkannya tingkat suku bunga acuan oleh Bank Indonesia.

Indeks harga saham gabungan (IHSG) pada perdagangan Selasa (14/4) diprediksi masih bergerak melemah, menjelang pengumuman Bank Indonesia (BI) terkait suku bunga acuan. Pada perdagangan kemarin, Senin (13/4) indeks ditutup turun 0,54% ke level 4.623,89.

Analis Artha Sekuritas Indonesia Dennies Christoper Jordan memprediksi indeks  akan melemah dengan area support  di rentang 4.591 hingga 4.558. Sementara area resistance, indeks akan berada di rentang level 4.692 hingga 4.658. 

(Baca: IHSG Ditutup Turun 0,54% Tertekan Pemangkasan Produksi Minyak OPEC+)

Sentimen yang diperkirakan menggerakkan IHSG hari ini yaitu terkait pengumuman suku bunga oleh bank sentral. Namun, isu perkembangan Covid-19 di sisi lain juga masih memberi tekanan terhadap indeks. 

"Pergerakan masih akan dibayangi perkembangan terkait Covid-19 dan pernyataan BI terkait suku bunga," kata Dennies dalam risetnya.

Seperti diketahui, BI  hari ini dijadwalkan mengumumkan kebijakan tingkat suku bunga BI 7 Days Reverse Repo Rate. Keputusan tersebut diambil dalam rapat dewan gubernur (RDG) yang sudah digelar sejak kemarin.

Sepanjang tahun ini, BI sudah dua kali memangkas suku bunga (7-Day Reverse Repo Rate) masing-masing 25 basis poin (bps) pada Februari dan Maret lalu hingga menjadi 4,5%.

Adapun pada perdagangan hari ini, dia pun merekomendasikan beberapa saham untuk dicermati investor, seperti PT Sarana Menara Nusantara Tbk (TOWR), PT Surya Citra Media Tbk (SCMA) dan PT Bank Central Asia Tbk (BBCA). 

Halaman:
Reporter: Ihya Ulum Aldin
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...