Apple Maps dan Google Maps Sediakan Lokasi Tes Virus Corona

Cindy Mutia Annur
15 April 2020, 09:57
Apple Maps dan Google Maps Sediakan Lokasi Tes Virus Corona
123RF.com
Ilustrasi, simbol Apple Macintosh di pintu masuk toko Apple di Esplanade, distrik La Defense pada 21 Februari 2015 di Paris, Prancis.

Perusahaan teknologi asal Amerika Serikat (AS), Google dan Apple sama-sama memfasilitasi informasi lokasi tes risiko terinfeksi virus corona melalui Google Maps dan Apple Maps. Keduanya juga membuat perangkat lunak (software) untuk melacak pasien terjangkit Covid-19.

Google sudah menyediakan layanan informasi lokasi tes corona, termasuk di Indonesia. Apple akan segera menyusul.

Lokasi tes akan ditampilkan pada peta dengan ikon tanda darurat medis merah. “Simbol ini akan tertulis Covid-19 Testing  Site,” demikian dikutip dari Digital Information World, Rabu (15/4).

Apple Maps masih menunggu persetujuan dari berbagai lembaga untuk menyediakan fitur tersebut. Utamanya, untuk menghadirkan layanan rujukan atau janji bertemu dokter.

(Baca: Google Sediakan Fitur Cari Tempat Tes Covid-19 Terdekat di Indonesia)

Fitur itu nantinya akan memuat informasi tentang nama-nama situs tes corona, nomor kontak, situs web, dan lembaga medis terkait. Informasi lain seperti situasi lalu lintas, jenis tempat tes misalnya rumah sakit dan laboratorium, hingga kondisi bangunan dan tempat parkir.

Namun, tidak disebutkan target peluncurannya di Apple Maps maupun akan tersedia di negara mana saja. Namun, Apple mengatakan fitur ini bakal hadir di negara-negara yang terdampak pandemi corona.

Halaman:
Reporter: Cindy Mutia Annur
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...