Bantu Pariwisata Hadapi Covid-19, Kemenpar Realokasi Anggaran Rp 500 M

Dimas Jarot Bayu
16 April 2020, 14:26
Ilustrasi, tiga seniman membawakan Tari Condong dalam pagelaran tari Bali klasik di Tanah Lot Art and Food Festival #3. Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif merealokasi anggaran sebesar Rp 500 miliar untuk membantu sektor pariwsata dan pekerja ekono
ANTARA FOTO/Nyoman Hendra Wibowo/nym/foc.
Ilustrasi, tiga seniman membawakan Tari Condong dalam pagelaran tari Bali klasik di Tanah Lot Art and Food Festival #3. Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif merealokasi anggaran sebesar Rp 500 miliar untuk membantu sektor pariwsata dan pekerja ekonomi kreatif di tengah pandemi Covid-19.

Sebagai langkah mitigasi menghadapi virus corona atau Covid-19, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) merealokasi anggaran sebesar Rp 500 miliar.

Dana tersebut akan disalurkan sebagai stimulus untuk para pelaku usaha di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif, agar bisa bertahan hingga pandemi Covid-19 berakhir.

“Kami akan melakukan program perlindungan sosial bagi para pelaku wisata, dengan realokasi anggaran Rp 500 miliar. Ini potensinya akan dikembangkan terus,” kata Menparekraf Wishnutama Kusubandio, usai rapat terbatas melalui video conference, Kamis (16/3).

Anggaran tersebut salah satunya digunakan untuk menjadikan sejumlah hotel sebagai tempat penginapan tenaga kesehatan di berbagai rumah sakit rujukan penanganan Covid-19. Menurutnya, pemanfaatan hotel untuk tempat menginap para tenaga kesehatan tidaklah mudah.

Sebab, hotel yang menjadi tempat menginap para tenaga kesehatan harus sesuai standar yang ditetapkan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dan Organisasi Kesehatan Dunia atau World Health Organization (WHO).

Realokasi anggaran juga akan digunakan untuk sejumlah kegiatan yang melibatkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. Contohnya, gerakan penggunaan masker kain, dengan target 1 juta unit, yang turut melibatkan pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM).

(Baca: Antisipasi Booming Pariwisata Usai Covid-19, Kemenpar Benahi Hal Dasar)

Halaman:
Reporter: Dimas Jarot Bayu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...