Indef: Empat Sektor Industri Raup Untung di Tengah Pandemi Corona

Image title
16 April 2020, 14:25
industri, corona, covid-19, logistik, kesehatan, pangan, pendidikan, PSBB
ANTARA
Ilustrasi, pekerja menyiapkan pengemasan obat-obatan padat. Indef menyebut empat industri mampu bertahan saat pandemi corona, yaitu logistik, produsen alat kesehatan dan obat-obatan, industri pangan, serta pendidikan.

Penyebaran Covid-19 membuat pemerindah daerah menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Hal itu semakin memukul hampir seluruh sektor industri.

Biarpun begitu, Ekonom Institute for Development of Economics and Finance atau Indef Ruslu Abdullah mengatakan ada empat industri mampu meraup untung. Industri tersebut bergerak di bidang jasa pengiriman logistik, produsen alat kesehatan dan obat-obatan, pangan, serta pendidikan.

Advertisement

"Sektor lainnya seperti penjualan motor dan otomotif, industri alat rumah tangga, dan elektronik akan terdampak," kata Ruslu kepada Katadata.co.id, Kamis (16/4).

Menurut dia, operasional industri-industri tersebut tak dibatasi. Selain itu, pola usahanya juga dapat dengan mudah menyesuaikan diri dengan aturan PSBB. Diantaranya memberikan layanan secara daring dan minim kontak fisik.

Namun, hal itu tak berlaku bagi lembaga pendidikan yang menerapkan sistem offline. Oleh karena itu, dia menyarankan lembaga pendidikan yang masih menyediakan kelas-kelas offline menggantinya dengan metode daring.

"Mungkin ada beberapa lembaga bimbingan belajar yang konvesional dan infrastrukturnya belum siap, akan terpukul. Tapi dengan adanya fase-fase seperti ini, mungkin akan menyesuaikan menjadi kelas online dan bisa rebound," kata dia.

Halaman:
Reporter: Tri Kurnia Yunianto
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement