iFlix PHK Karyawan Akibat Pandemi Corona dan Beban Utang

Cindy Mutia Annur
17 April 2020, 15:01
iFlix Respons Kabar PHK Karyawan Akibat Pandemi Corona dan Utang
Google Play Store
Ilustrasi platform iFlix

Perusahaan layanan penyedia layanan video on-demand (VoD) iFlix membenarkan telah melakukan Pemutusan Hubungan Kerja atau PHK karyawan. Selain karena terdampak pandemi corona, perusahaan harus segera membayar utang yang jatuh tempo.

CEO iFlix Marc Barnett mengatakan industri VoD juga terpukul pandemi corona. Walaupun, transaksi streaming film melonjak karena masyarakat dunia di rumah saja untuk menghindari penularan virus corona.

"Keputusan kami mengurangi jumlah karyawan perusahaan diambil setelah pertimbangan yang cermat dan dalam hubungannya dengan langkah-langkah memangkas biaya lainnya,” ujar Barnett dalam pernyataan resminya kepada Katadata.co.id, Jumat (17/4).

Langkah tersebut diambil supaya perusahaan bisa bertahan di tengah ketidakpastian dan keterbatasan akibat pandemi Covid-19. (Baca: Pengangguran di AS Melonjak, Netflix hingga Apple TV Gratiskan Layanan)

Selain itu, iFlix tetap menargetkan bisa mencapai titik impas (break even point/BEP) pada 2021. “Langkah-langkah ini merupakan bagian dari memastikan kami tetap berada di jalur itu dan dapat menavigasi tantangan saat ini,” katanya.

Kendati begitu, Barnett menegaskan bahwa perusahaan melakukan berbagai upaya untuk mendukung staf yang terdampak pandemi, baik secara profesional maupun pribadi.

Hanya, Barnett tak menjelaskan benar tidaknya perusahaan harus membayar utang yang jatuh tempo dalam waktu dekat. Variety melaporkan, iFlix mengaku sulit melakukan penawaran saham perdana (Initial Public Offering/IPO) di Australian Securities Exchange saat pandemi.

Di satu sisi, perusahaan memasuki masa tenggat pembayaran utang. (Baca: Transaksi Naik, Hooq, iFlix, Viu dan GoPlay Beri Diskon Work from Home)

Halaman:
Reporter: Cindy Mutia Annur
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...