Pertamina EP Cepu Rampungkan Pemasangan Generator Selexol Proyek JTB

Image title
17 April 2020, 12:51
Pertamina EP Cepu Rampungkan Pemasangan Generator Selexol Proyek JTB.
ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga
Pekerja beraktivitas di area Proyek Pengembangan Lapangan Gas Unitisasi Jambaran-Tiung Biru (JTB) usai prosesi Tajak Sumur di Bojonegoro, Jawa Timur, Rabu (9/10/2019). PEPC menyelesaikan pemasangan Selexol Regenerator di fasilitas Gas Processing Facility (GPF).

Pertamina EP Cepu (PEPC) melanjutkan pengembangan proyek Lapangan Gas Jambaran Tiung Biru (JTB) di tengah pandemi corona. Salah satunya dengan merampungkan proses operasi heavy lifting  berupa pemasangan Selexol Regenerator di fasilitas Gas Processing Facility (GPF).

Direktur Utama PT Pertamina EP Cepu Jamsaton Nababan menjelaskan,  proses tersebut merupakan tahapan penting dalam pengembangan Lapangan Unitisasi JTB. Selexol Regenerator merupakan salah satu perangkat penting  dengan ukuran sangat besar, berbobot 208 ton dan tinggi 66 meter.

(Baca: Pertamina Cepu Lanjutkan Pengeboran Proyek Tiung Biru saat Pandemi)

Menurutnya, Selexol Regenerator berfungsi untuk memurnikan gas JTB dengan cara memisahkan komponen gas asam seperti hidrogen sulfida dan karbondioksida. Proses pemasangan pengangkatan dan pemasangan melibatkan 2 (dua) crane berkapasitas 1.350 ton dan 350 ton.

“Ini menjadi bukti kolaborasi PT Pertamina EP Cepu (PEPC) dan Konsorsium PT Rekayasa Industri-Japan Gas Corporation – JGC Indonesia (RJJ) dalam mencapai setiap tahapan penting Proyek JTB untuk mencapai target produksi di  2021.” kata Jamsaton dalam keterangan tertulis, Jumat (17/4).

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...