IDI: 50% Dokter Konsulen dan Pendidikan Spesialis Terinfeksi Covid-19

Agatha Olivia Victoria
18 April 2020, 13:06
Ikatan dokter indonesia, IDI, kesehatan, covid-19, corona
ANTARA FOTO/Rahmad/wsj.
Ilustrasi, tenaga medis di Aceh menerima bunga mawar pada Sabtu (11/4/2020). Ikatan Dokter Indonesia (IDI) menyebut 50 dokter konsulen dan PPDS terpapar virus corona.

Ikatan Dokter Indonesia atau IDI menyatakan hampir 50% dokter konsulen dan Program Pendidikan Dokter Spesialis atau PPDS di Indonesia terpapar virus corona. Untuk wilayah Jakarta saja, ada lebih dari 80 dokter yang terinfeksi Covid-19.

Baru-baru ini, ada 46 tenaga medis di Semarang yang diketahui positif corona. Ketua Umum IDI Daeng Faqih mengatakan pihaknya terus menelusuri penyebab terinfeksinya tenaga medis tersebut.

"Kabarnya, ada salah satu dokter PPDS yang terpapar lalu menular ke yang lain," ujar Daeng dalam sebuah diskusi daring di Jakarta, Sabtu (18/4). Lebih lanjut ia menyebutkan seluruh tenaga medis yang terinfeksi corona dalam isolasi.

Lebih lanjut Daeng menyebut ada 24 dokter yang telah gugur akibat virus corona. "24 dokter yang meninggal terpapar corona karena ketidaksepahaman," kata dia.

(Baca: Cegah Corona, Kemenkes Imbau RS Setop Praktik Rutin kecuali Darurat)

Ketidaksepahaman tersebut, menurut Daeng, karena dokter maupun pasien tak menyadari telah terinfeksi corona. Pasalnya, dokter tersebut kebanyakkan bekerja di rumah sakit nonrujukan virus corona maupun praktek pribadi.

"Sehingga dokter ini terpapar pasien corona yang tidak mengalami gejala," ujar dia.

Halaman:
Reporter: Agatha Olivia Victoria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...