AirAsia Perpanjang Berhenti Terbang hingga Pertengahan Mei 2020

Image title
21 April 2020, 20:38
airasia, virus corona, penghentian penerbangan
Youtube
AirAsia Indonesia memperpanjang masa penghentian penerbangan domestik hingga pertengahan Mei 2020, imbas pandemi corona.

Maskapai penerbangan PT AirAsia Indonesia Tbk (CMPP) memperpanjang penghentian sementara penerbangan domestik menjadi hingga 7 Mei 2020 untuk rute Surabaya-Bali dan hingga 18 Mei untuk rute domestik lainnya. Awalnya, penghentian penerbangan dijadwalkan berakhir hari ini, Selasa 21 April 2020.

Dalam keterbukaan informasi yang disampaikan oleh perusahaan hari ini, perpanjangan ini diputuskan setelah mempertimbangkan situasi penyebaran virus corona dan pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di beberapa wilayah di Indonesia.

"Perusahaan akan terus memantau perkembangan situasi untuk sewaktu-waktu dapat kembali mengoperasikan penerbangan secara terbatas jika dinilai memungkinkan," kata Sekretaris Perusahaan AirAsia Indah Permatasari Saugi melalui keterbukaan informasi.

(Baca: Bisnis Penerbangan Terpuruk, Malaysia Air & AirAsia Berpeluang Merger)

Indah menjelaskan untuk saat ini, pendapatan utama AirAsia berasal dari bisnis penerbangan tidak berjadwal (charter), baik untuk penumpang maupun kargo. Maskapai akan terus mengembangkan layanan tidak berjadwal tersebut, sebagai diversifikasi bisnis atas penghentian layanan penerbangan berjadwal.

"Perseroan juga masih melakukan penjualan tiket pesawat untuk layanan penerbangan berjadwal setelah bulan April 2020," kata Indah.

Untuk itu, AirAsia terus memantau perkembangan situasi dan akan melakukan langkah antisipasi yang diperlukan untuk mempersiapkan dimulainya kembali layanan penerbangan sesegera mungkin setelah situasinya memungkinkan.

Halaman:
Reporter: Ihya Ulum Aldin
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...