Pemerintah Siapkan Paket Stimulus Sebesar Rp 150 Triliun untuk UMKM

Agatha Olivia Victoria
21 April 2020, 14:03
stimulus umkm, pandemi corona
ANTARA FOTO/Anis Efizudin/foc.
Ilustrasi pelaku UMKM. Pemerintah tengah menyiapkan stimulus sebesar Rp 150 triliun untuk pelaku UMKM.

Pemerintah sedang menyiapkan skema stimulus program pemulihan ekonomi sebesar Rp 150 triliun yang akan berfokus pada pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) yang terdampak pandemi corona.

Direktur Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Askolani menyebutkan rencananya stimulus tersebut akan diberikan melalui perbankan.

Advertisement

"Dukungan pembiayan Rp 150 triliun itu akan kami link dengan kegiatan sektor keuangan perbankan," ujarnya dalam konferensi video di Jakarta, Selasa (21/4).

Menurut Askolani, stimulus untuk UMKM tersebut akan diberikan dalam bentuk penundaan dan keringanan angsuran Kredit Usaha Rakyat (KUR). Dengan demikian, beban dunia usaha, khususnya UMKM akan berkurang.

(Baca: Terdampak Covid-19, Pemerintah Bebaskan Pajak UMKM selama 6 Bulan)

Dia berharap perbankan dapat segera mengimplementasikan bantuan dukungan pembiayaan yang akan diberikan pemerintah. "Apakah nanti bisa melalui restrukturisasi pinjaman, atau dukungan lain ke depannya," ujar Askolani.

Namun, Askolani menjelaskan bahwa skema bantuan untuk UMKM ini masih dalam tahap finalisasi pemerintah bersama Bank Indonesia (BI), Otoritas Jasa Keuangan (OJK), dan Lembaga Penjamin Simpanan (LPS). "Masih didiskusikan dengan BI, OJK, dan LPS untuk menangani dampak dari kegiatan sektor ekonomi dan keuangan," tutupnya.

Kepala Badan Kebijakan Fiskal Febrio Kacaribu sebelumnya juga telah menuturkan, stimulus sebesar Rp 150 triliun untuk program pemuluhan ekonomi hingga kini masih digodok.

Halaman:
Reporter: Agatha Olivia Victoria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement