Bill Gates Bantah Tudingan Sebagai Pencipta Covid-19

Fahmi Ahmad Burhan
22 April 2020, 11:00
Ilustrasi, pendiri Microsoft Bill Gates. Bill Gates membantah berbagai teori konspirasi yang ditujukan kepada dirinya sejak ia aktif terlibat dalam penanganan Covid-19, termasuk di antaranya tudingan yang menyebutkan dirinya pencipta virus corona.
Arief Kamaludin|KATADATA
Ilustrasi, pendiri Microsoft Bill Gates. Bill Gates membantah berbagai teori konspirasi yang ditujukan kepada dirinya sejak ia aktif terlibat dalam penanganan Covid-19, termasuk di antaranya tudingan yang menyebutkan dirinya pencipta virus corona.

Sejak memutuskan aktif dalam penanganan pandemi virus corona (Covid-19), pendiri Microsoft Bill Gates kerap dihujani berbagai teori konspirasi. Salah satu teori konspirasi yang nyaring disuarakan adalah, Bill Gates menciptakan Covid-19.

Mengutip South China Morning Post, Selasa (21/4), dalam sebuah wawancara dengan stasiun televisi Tiongkok, CGTN, Bill Gates membantah seluruh teori konspirasi yang ditujukan kepada dirinya, termasuk tudingan dirinya menciptakan Covid-19.

"Menurut saya ironis apabila seseorang melakukan yang terbaik untuk dunia dan mencoba menyelesaikan penyakit menular yang luas, dituding sebagai penyebab pandemi," kata Bill Gates, dikutip dari South China Morning Post, Selasa (21/4).

Ia menganggap banyak orang yang memanfaatkan situasi pandemi ini, termasuk pembuat teori konspirasi untuk mendapatkan perhatian. Namun, dirinya memaklumi situasi ini, sebab menurutnya dalam situasi gila, desas-desus gila pun muncul.

Banyak pihak mencurigai Bill Gates memiliki misi terselubung saat aktif dalam penanganan pandemi Covid-19, termasuk tindakannya mendonasikan sebanyak US$ 250 juta untuk penanganan dampak Covid-19 dan riset vaksin.

Beberapa penyebar teori konspirasi itu berasal dari kalangan anti vaksin dan golongan fanatik. Salah satunya, seorang pendeta di Florida Amerika Serikat (AS) Adam Fannin, yang menyebarkan video di YouTube dan sudah disaksikan sebanyak 1,8 juta kali.

Dalam videonya, Fannin mengatakan Gates sedang menjalankan aksinya menciptakan perangkat yang dapat ditanamkan pada manusia dan bisa mengidentifikasi orang dengan covid-19. Dalam video lainnya, Fannin juga menyebut Bill Gates memanfaatkan Covid-19 untuk mengurangi populasi dunia.

(Baca: Kandidat Vaksin Covid-19 yang Didanai Bill Gates Diuji Coba ke Manusia)

Halaman:
Reporter: Fahmi Ahmad Burhan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...