Trump Setop Danai WHO, Bill dan Melinda Gates Sumbang Rp 3,9 Triliun

Desy Setyowati
16 April 2020, 08:47
Trump Setop Danai WHO, Bill dan Melinda Gates Sumbang Rp 3,9 Triliun
Arief Kamaludin|KATADATA
Pendiri Microsoft Bill Gates

Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump menyetop pendanaan ke WHO, meski pandemi corona meluas. Karena itu, Pendiri Microsoft Bill Gates melalui Bill & Melinda Gates Foundation menambah sumbangannya menjadi US$ 250 juta atau sekitar Rp 3,9 triliun untuk membantu organisasi menangani wabah virus corona.

Bill & Melinda Gates Foundation menambah donasi US$ 150 juta kepada WHO, sehingga totalnya menjadi US$ 250 juta. Sumbangan ini untuk perawatan pasien terinfeksi Covid-19, vaksin dan langkah-langkah kesehatan lainnya.

Advertisement

Melinda Gates mengungkapkan keprihatinannya atas sikap Trump yang menarik dana dari WHO. “Ini tidak masuk akal (dilakukan) saat pandemi,” kata dia melalui wawancara telepon, dikutip dari Reuters, Kamis (16/4).

(Baca: Kasus Positif Corona Tembus 2 Juta, WHO Kaji Dampak AS Setop Pendanaan)

Pasangan tersebut lantas menambah donasinya, karena khawatir kekurangaan dana di WHO akan sulit diisi dari mitra lain. Apalagi, ada banyak negara miskin dan populasinya rentan terjangkit virus corona.

“Kami perlu mengatasi apa yang baru saja dimulai di negara-negara Afrika dan Asia Selatan. Kami melihat kebutuhan yang sangat besar, dan itulah mengapa kami meningkatkan komitmen lebih dari dua kali lipat,” katanya.

Gates mengatakan, masyarakat miskin rentan terdampak krisis Kesehatan. “Kita harus memastikan, bantuan tunai diberikan dan mereka memiliki akses ke perawatan kesehatan primer,” ujar dia.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement