Global Kebanjiran Pasokan, Harga Minyak Brent Anjlok ke US$ 18/ Barel

Image title
22 April 2020, 09:14
Global Kebanjiran Pasokan, Harga Minyak Brent Anjlok ke US$ 18/ Barel.
Katadata
Ilustrasi Kilang minyak. harga minyak pada perdagangan Rabu (22/4) kembali jatuh akibat melonjak stok minyak dunia.

Harga minyak Brent kembali terjun bebas pada perdagangan Rabu (22/4) waktu Indonesia. Hal ini memperpanjang kepanikan pasar atas membeludaknya pasokan global dan tertekannya permintaan akibat pandemi virus corona.

Dikutip dari Bloomberg pada Rabu (22/4) pukul 09.00 WIB, harga minyak jenis Brent untuk kontrak Juni 2020 berada di level US$18,99 per barel. Sedangkan harga minyak jenis West Texas Intermediate (WTI) untuk kontrak Juni 2020 berada di level US$ 13,03 per barel.

Dua hari terakhir kemarin merupakan hari paling bergejolak dalam sejarah perdagangan minyak dunia. Pasalnya, para investor menghadapi kenyataan bahwa pasokan minyak di seluruh dunia bakal membanjiri pasar selama berbulan-bulan bahkan dalam hitungan tahun karena permintaan minyak semakin melemah.

(Baca: Manfaatkan Harga Minyak Minus, Trump Akan Borong 75 Juta Barel)

Pada Senin kemarin perdagangan minyak berjangka AS untuk kontrak Mei ambruk ke wilayah negatif pertama kalinya dalam sejarah. Selasa merupakan tonggak baru lantaran lebih dari 2 juta kontrak minyak berjangka AS untuk pengiriman Juni berpindah tangan.

"Hari tersibuk dalam sejarah," kata seorang operator exchange CME Group seperti dikutip dari Reuters.

Persediaan minyak telah meningkat selama berminggu-minggu setelah Arab Saudi dan Rusia pada awal Maret lalu gagal mencapai kesepakatan untuk memperpanjang pemangkasan produksi. Hal ini diperparah dengan penyebaran pandemi yang turut mengurangi 30% permintaan bahan bakar di seluruh dunia sehingga menyebabkan stok minyak semakin bertambah. 

Untuk mengendalikan jumlah pasokan, Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak (OPEC) termasuk Rusia, akhirnya sepakat memangkas produksi sebesar 10% dari pasokan global. 

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...