Jasa Marga: Arus Kendaraan di Jalan Tol Turun hingga 35% saat PSBB

Image title
22 April 2020, 16:42
jalan tol, psbb, pandemi corona, virus corona, covid 19
ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya/hp.
Jasa Marga mencatat arus kendaraan di jalan tol turun hingga 35% selama berlakunya PSBB di Jakarta.

PT Jasamarga Tollroad mencatatkan telah terjadi penurunan signifikan arus kendaraan pada beberapa ruas jalan tol dari dan menuju DKI Jakarta. Hal ini disebabkan dengan adanya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) untuk memutus rantai penularan virus corona atau Covid-19.

Division Head Regional Jasamarga Metropolitan Tollroad Reza Febriano mengatakan tren penurunan pengguna jalan tol sebenarnya mulai terjadi sejak 16 Maret 2020. Berdasarkan catatannya pada beberapa titik penurunan pengguna jalan tol dapat mencapai 35%.

Advertisement

"Di gerbang tol Cikampek turun 12%-14%, sedangkan penurunan trafik sejak 16 Maret 2020 lebih besar lagi di Cikampek Utama turun 27%, Cikupa 26% dan Ciawi II 35% ," kata dia saat menggelar diskusi virtual di Jakarta, Rabu (22/4).

Menurut dia, dengan adanya penurunan jumlah pengguna jalan tol berdampak pula pada penurunan pendapatan perusahaan. Tercatat, hingga kini pendapatan dari ruas tol metropolitan turun 45%.

(Baca: Bisnis Terhambat PSBB, Gojek Luncurkan Fitur Kirim Barang Antarkota)

Kendati demikian, Reza memastikan pihaknya akan mengikuti seluruh aturan yang telah ditetapkan pemerintah untuk memutus rantai penularan virus corona. Termasuk membantu aparat Kepolisian dalam mensosialisasikan kebijakan larangan mudik kepada masyarakat.

"Kami siapkan dukungan personil maupun sarana perlengkapan lalu lintas, jadi sifatnya kami mendukung apa yang dijalankan Kepolisian maupun arahan Kementerian Perhubungan untuk mengimbau masyarakat tidak mudik," kata dia.

Halaman:
Reporter: Tri Kurnia Yunianto
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement