Bank Dunia Harap Kreditur Dukung Keringanan Utang Saat Pandemi Corona

Agatha Olivia Victoria
18 April 2020, 10:18
bank dunia, utang, kredit
Arief Kamaludin | Katadata
Ilustrasi, logo Bank Dunia. Bank Dunia meminta kreditur komersial pemerintah memberikan keringanan kredit bagi negara-negara miskin di tengah pandemi corona.

Bank Dunia meminta kreditur komersial pemerintah memberi keringanan utang kepada negara miskin. Hal itu untuk membantu negara-negara tersebut menangani masalah ekonomi dan kesehatan di tengah pandemi corona.

Presiden Bank Dunia David Malpass juga menginginkan beberapa negara yang termasuk dalam International Development Association bisa mendapatkan kredit dengan persyaratan serupa dari kreditur komersial. "Para kreditur komersial pemerintah tak seharusnya free ride dalam penangguhan pembayaran utang," kata Malpass dalam konferensi video di Washington, Jumat (17/4).

Malpass menyatakan Bank Dunia bersama Dana Moneter Internasional (IMF) telah menyepakati keringanan utang bagi negara-negara miskin di tengah pandemi corona. Kedua lembaga itu menyepakati kebijakan tersebut bersama negara-negara G-20 dan Paris Club.

"Ini merupakan pencapaian yang luar biasa besar," ujarnya.

(Baca: Bengkak Akibat Corona, Utang Pemerintah per Maret Tembus Rp 5.000 T)

Sebelumnya, pejabat keuangan negara G20 memang telah sepakat menangguhkan sementara utang negara miskin dan berpenghasilan rendah di dunia hingga akhir tahun. Langkah itu untuk membantu negara miskin mengatasi krisis kesehatan dan ekonomi akibat pandemi corona.

Halaman:
Reporter: Agatha Olivia Victoria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...