Terdampak Pandemi, Grab Mengaku Utamakan Mitra Ketimbang Keuntungan

Fahmi Ahmad Burhan
24 April 2020, 09:20
Terdampak Pandemi, Grab Mengaku Utamakan Mitra Ketimbang Keuntungan
KATADATA | Ajeng Dinar Ulfiana
Ilustrasi, mitra pengemudi Grab memarkirkan motornya di parkiran khusus Grab , Mall FX, Jakarta Selatan (22/11/2018).

Permintaan layanan taksi dan ojek online anjlok akibat pandemi corona. Namun, Grab mengaku akan berfokus pada mitra pengemudi dan penjual (merchant) ketimbang keuntungan selama virus corona mewabah.

“Fokus kami saat pandemi, bagaimana membantu semua mitra supaya tetap bisa mendapatkan order,” kata Managing Director Grab Indonesia Neneng Goenadi saat video conference, kemarin (23/4). Berdasarkan data asosiasi taksi dan ojek online, order turun hingga 80% akibat pandemi Covid-19.

Untuk memastikan permintaan layanan tetap tinggi, Grab menambah beberapa fitur. “Ini supaya tetap dapat orderan," kata Neneng.

(Baca: Transaksi Anjlok, CEO Grab Sebut Pandemi Corona Krisis Terbesar)

Setidaknya ada sembilan fitur dan layanan anyar untuk menyambut ramadan di tengah pandemi corona. Pertama, Menu Siap Masak di GrabFood yang memungkinkan mitra penjual (merchant) menjajakan produk makanan beku (frozen).

Hal itu seiring aktivitas warga di luar rumah yang dibatasi, terutama di wilayah yang menerapkan pembatasan sosial berskala besar (PSBB). “Kami pastikan tidak ada kerumunan masa,” ujar dia.

Kedua, fitur pesanan terjadwal yang memungkinkan konsumen mengatur jadwal pemesanan makanan sejak dua jam sebelum berbuka puasa atau sahur. Bahkan, makanan bisa dipesan sejak dua hari sebelumnya.

(Baca: Ramadan Diwarnai PSBB & Larangan Mudik, Grab Rilis 9 Fitur dan Layanan)

Ketiga, Grab meluncurkan Paket Pengiriman Ramadan yang masuk dalam program SiapAntarSilahturahmi di GrabExpress. Pengguna bisa memesan paket berlangganan untuk pengiriman barang. Bahkan, konsumen dapat mengirim barang ke luar kota dan pemesanan via WhatsApp.

Halaman:
Reporter: Fahmi Ahmad Burhan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...