Pemerintah Salurkan BLT Desa Rp 70 M ke Warga Miskin Terdampak Corona

Agatha Olivia Victoria
27 April 2020, 15:19
Pemerintah Salurkan BLT Desa Rp 70 M ke Warga Miskin Terdampak Corona
ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/foc.
Ilustrasi, warga beraktivitas di permukiman bantaran sungai Ciliwung, Manggarai, Jakarta, Rabu (15/4/2020).

Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar mengaku sudah mencairkan bantuan langsung tunai (BLT) dana desa Rp 70 miliar. Dana ini diberikan kepada warga miskin yang terdampak pandemi corona di 8.157 desa di 76 kabupaten.

"Rata-rata kurang lebih Rp 70 miliar yang sudah cair," kata Abdul saat video conference di Jakarta, Senin (27/4).

BLT tersebut disalurkan secara tunai (cash) dan non tunai (cashless). BLT tunai diberikan melalui sistem door to door atau pintu ke pintu rumah penerima manfaat, dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan. Sedangkan BLT cashless diberikan langsung ke rekening penerima.

Meski demikian, ia mengimbau seluruh desa untuk menyalurkan BLT secara cashless. Tujuannya, mengurangi penyebaran Covid-19 melalui uang kertas.

(Baca: Bansos Dampak Corona Tak Tepat Sasaran, Citra Pemerintah Dinilai Turun)

Abdul menyampaikan, Himpunan Bank Milik Negara (Himbara) berkomitmen untuk membantu desa dalam mencairkan BLT. "Jadi, yang mau membuat rekening untuk BLT bisa langsung beri KTP dan dibuatkan secara gratis. Nantinya rekening tak berbunga," ujarnya.

Kriteria penerima BLT dana desa merupakan warga yang bukan tergolong dalam penerima program keluarga harapan (PKH) maupun kartu prakerja. "Ukuran utamanya yaitu dia miskin dan kehilangan mata pencaharian akibat pandemi virus corona," ujar dia.

Halaman:
Reporter: Agatha Olivia Victoria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...