Konten Seru Ramadan dalam Genggaman

Image title
Oleh Tim Publikasi Katadata - Tim Publikasi Katadata
28 April 2020, 14:50
Aplikasi Line
dok. LINE

Sejumlah penyedia aplikasi ponsel pintar berlomba merilis konten-konten baru untuk menemani para pengguna selama Ramadan. Pasalnya, bulan puasa tahun ini bersamaan dengan pandemi virus korona membuat kita harus jaga jarak fisik dan lebih banyak di rumah.

Tidak hanya aplikasi pertukaran pesan, seperti LINE. Penyedia layanan on demand Gojek dan Grab juga meluncurkan fitur khusus Ramadan dengan ciri khas masing-masing. Ada pula aplikasi media sosial islami Umma yang melakukan hal serupa.

Advertisement

“Ramadan merupakan momen spesial yang ditunggu masyarakat. Seiring gencarnya kampanye #dirumahaja, pada Ramadan kali ini kami menyajikan beragam fitur dan aktivitas interaktif, edukatif, juga menghibur,” tutur Strategy & New Business Director LINE Indonesia Fanny Verona dalam siaran pers, Senin (27/4/2020).

(Baca juga : Sambut Ramadan, Mapemall.com Gelar Diskon 70% + 40%)

1. LINE

Aplikasi perpesanan ini mengusung tema Di Rumah Bersama (Berkah Selama Ramadan) sehingga kegiatan penggunanya selama di rumah bisa menjadi lebih beragam dan seru. Fitur yang dihadirkan Di Rumah Bersama LINE, misalnya kuis rejeki Bersama, Jadwal Sholat, Alarm Sholat, Doa Harian, serta Kultum.

Fitur unggulan pertama untuk Di Rumah Bersama LINE adalah akun resmi LINE Ramadan yang merupakan fitur tahunan dari LINE Indonesia. Pengguna LINE yang ingin mengikuti konten interaktif ini bisa menemukannya pada bagian More Tab. Bagi pemakai iOS dan Android, bagian ini berupa ikon tiga titik di kanan bawah aplikasi.

Tak hanya itu, Di Rumah Bersama LINE juga hadir di kanal LINE Today melalui tab Ramadan. Fitur ini terbagi dalam sejumlah kategori yaitu Ramadan, Tanya Ustaz, Resep Hari Ini, Ramadan 2020, dan Doa Hari Ini. Dan tak lupa, LINE tentunya juga menyediakan layanan silaturahmi secara daring melalui fitur LINE Video Call guna mendekatkan pengguna dengan kerabat dan keluarganya tanpa pandang jarak.

2. Gojek

Pelopor Super App karya anak bangsa ini memperkenalkan inisiatif eBadah alias ibadah elektronik. Fitur ini memberikan kemudahan bagi pengguna untuk beraktivitas selama Ramadan dalam hal bersedekah, berbagi rezeki, mengikuti dakwah, menyiapkan makanan untuk sahur dan buka puasa, hingga menjalani aktivitas produktif lain selama Ramadan.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement