Gelombang 3 Tutup Besok, Total Pendaftar Kartu Prakerja 8,6 Juta Orang

Rizky Alika
29 April 2020, 13:32
Ilustrasi, petugas membantu calon peserta mendaftar program Kartu Prakerja. Hingga Selasa (28/4) jumlah pendaftar Kartu Prakerja tercatat sebanyak 8,6 juta orang.
ANTARA FOTO/Moch Asim/wsj.
Ilustrasi, petugas membantu calon peserta mendaftar program Kartu Prakerja. Hingga Selasa (28/4) jumlah pendaftar Kartu Prakerja tercatat sebanyak 8,6 juta orang.

Memasuki gelombang ketiga, jumlah pendaftar program Kartu Prakerja makin meningkat. Hingga Selasa (28/4) malam, total jumlah pendaftar sejak gelombang pertama mencapai 8,6 juta orang.

Direktur Eksekutif Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja Denni Puspa Purbasari mengatakan, jumlah tersebut adalah data peserta yang telah mendaftar atau register di situs Kartu Prakerja.

Advertisement

Ia memandang, tingginya angka pendaftar Kartu Prakerja ini mencerminkan program telah diketahui luas oleh masyarakat. Selain itu, kemudahan pendaftaran secara online juga turut meningkatkan jumlah peminat Kartu Prakerja.

"Pendaftar Kartu Prakerja ini juga berasal dari berbagai daerah, bahkan ada pendaftar berasal dari pelosok, seperti wilayah Paniai, Papua," kata Denni, melalui video conference, Rabu (29/4).

Adapun, pada gelombang pertama jumlah pendaftar Kartu Prakerja yang diterima tercatat sebanyak 168.111 orang. Sementara, pada gelombang kedua jumlahnya pendaftar yang diterima meningkat menjadi 288.154 orang.

Jumlah pendaftar yang diterima pada gelombang pertama tercatat lebih rendah dari kuota, yakni 200.000 peserta. Penyebabnya, banyak pendaftar yang tidak lolos tahap verifikasi akhir, yaitu pengenalan wajah atau face recognition.

(Baca: Lampaui Kuota, Pendaftar Kartu Prakerja Capai 7,65 Juta Orang)

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement