OPEC+ Mulai Pangkas Produksi Hari Ini, Harga Minyak US$ 25,27/Barel

Image title
1 Mei 2020, 10:11
Harga minyak dunia kembali naik menjadi US$ 25,27/barel seiring OPEC+ mulai kurangi produksi hari ini.
ANTARA FOTO/Dedhez Anggara
Foto udara kawasan Kilang RU VI Balongan, Indramayu, Jawa Barat, Jumat (24/1/2020). Harga minyak dunia kembali naik menjadi US$ 25,27/barel seiring OPEC+ mulai kurangi produksi hari ini.

Harga minyak dunia melonjak pada akhir perdagangan Kamis  (30/4) dan memperpanjang kenaikan sesi sebelumnya. Hal ini didukung peningkatan rendah persediaan minyak mentah Amerika Serikat (AS) dari perkiraan sebelumnya. Begitupun karena dimulainya pengurangan produksi guna mengimbangi penurunan permintaan bahan bakar akibat pandemi virus corona.

Minyak mentah berjangka AS West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman Juni pada Jumat (1/5) pagi mencatatkan peningkatan sebesar US$ 3,78 atau 25,1% menjadi US$ 18,84 per barel di New York Mercantile Exchange, menyusul kenaikan 22% pada sesi sebelumnya.

Lalu minyak mentah berjangka Brent untuk pengiriman Juni naik US$ 2,73 atau 12,11% menjadi US$ 25,27 per barel di London ICE Futures Exchange. Sehari sebelumnya, kontrak Brent untuk Juni menguat lebih dari 10 persen.

(Baca: Peningkatan Stok di AS Melambat, Harga Minyak Naik Lebih 10%)

Kepala Stratetgi Pasar di AxiCorp Stephen Innes menyatakan kepada Reuters, ini adalah pekan kedua berturut-turut persediaan dan permintaan produk di pasa AS menunjukkan angka terbawah.   

Sementara data Badan Informasi Energi AS (EIA) menunjukkan persediaan minyak mentah naik 9 juta barel pekan lalu menjadi 527,6 juta barel, lebih rendah dari perkiraan analis untuk kenaikan 10,6 juta barel dalam jajak pendapat Reuters.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...