Laba Pertamina EP di Kuartal I 2020 Naik Meski Harga Minyak Turun

Image title
29 April 2020, 12:49
harga minyak, pertamina, produksi migas
Pertamina EP
Ilustrasi, kegiatan migas lepas pantai. Pertamina EP mencatat kenaikkan laba di kuartal I 2020 meski harga minyak anjlok sepanjang Januari-Maret tahun ini.

Pertamina EP atau PEP mencatat kenaikkan laba pada kuartal I 2020. Padahal, harga minyak sejak awal tahun terus turun.

Hingga akhir Maret 2020, PEP meraih laba sebesar US$ 169 juta, naik 1,2% dibandingkan periode yang sama tahun lalu sebesar US$167 juta. Padahal, pendapatan perusahaan pada kuartal pertama tahun ini hanya US$640 juta, turun 7,64% dibandingkan periode yang sama tahun lalu sebesar US$ 693 juta.

Pendapatan Pertamina EP terkoreksi harga minyak yag turun pada awal tahun ini. Harga minyak rata-rata pada tahun lalu bisa mencapai di atas US$60-an per barel.

“Rata-rata harga minyak pada kuartal pertama tahun ini hanya US$50,66 per barel dan gas sebesar US$6,01 per MMBTU,” ujar Direktur Utama PEP Nanang Abdul Manaf dalam siaran pers pada Rabu (29/4).

Menurut Nanang, penurunan harga minyak yang signifikan membuat perusahaan bekerja lebih efisien dan optimal. Salah satu caranya dengan memanfaatkan aset yang ada dan berupaya melaksanakan substitusi.

“Kami juga membahas ulang kontrak jangka panjang dan kontrak yang belum dimulai agar memperoleh nilai penghematan,” kata Nanang.

Selain itu, PEP melaksanakan survei pasar dan memaksimalkan informasi harga terkini sebagai referensi tambahan saat negosiasi. Dengan begitu, perusahaan bisa mendapatkan harga terbaik.

PEP juga menunda program kerja yang tidak berhubungan langsung dengan kegiatan operasi dan produksi migas. Selain itu, perusahaan berupaya maksimal menggunakan mata uang rupiah dalam bertransaksi.

“Kami juga menyiapkan rencana-rencana skenario mengenai business continuity dalam mencapai target rencana kerja 2020,” ujar Nanang.

(Baca: Pertamina EP Mengebor Dua Sumur untuk Pastikan Temuan Migas di Sulteng)

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...