Kominfo Panggil Tokopedia Hari Ini, Bahas 91 Juta Data Pengguna Bocor

Desy Setyowati
4 Mei 2020, 09:23
Kominfo Panggil Tokopedia Hari Ini Bahas Data 91 Juta Pengguna Bocor
Dok: Tokopedia
Ilustrasi Tokopedia

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) memanggil direksi Tokopedia pada hari ini. Pertemuan ini membahas tentang kabar kebocoran data 91 juta pengguna.

“Terkait permasalahan ini (kebocoran data), saya telah meminta Dirjen Aptika untuk memanggil direksi Tokopedia agar memberikan penjelasan terkait hal ini. Pertemuan akan dilaksanakan Senin,” kata Menteri Kominfo Johnny Plate dalam siaran pers, kemarin (3/5).

Advertisement

Data pengguna platform e-commerce Tanah Air itu diretas dan dijual melalui situs gelap (darkweb) seharga US$ 5.000 atau sekitar Rp 73,4 juta (kurs Rp 14.600 per US$). Kabarnya, ada 91 juta catatan (records) Tokopedia yang diretas.

Kabar tersebut diungkap dan disebar akun Twitter @underthebreach pada Sabtu (2/5). Akun ini menyertakan tangkapan layar tentang penjualan data oleh peretas.

(Baca: Ada Upaya Peretasan Akun, Tokopedia Klaim Data Pengguna Aman)

Johnny pun meminta pengelola platform digital Tokopedia menginvestigasi upaya peretasan tersebut secara internal. Hal ini untuk memastikan dugaan data breach di platform Tokopedia.

"Kami sudah bersurat dan berkordinasi dengan Tokopedia. Tim teknis Kominfo sudah berkoordinasi teknis untuk menindaklanjuti adanya isu pembobolan data pengguna," ujar Johnny.

Kementerian juga meminta Tokopedia melakukan tiga hal untuk menjamin keamanan data pengguna. Pertama, segera melakukan pengamanan sistem untuk mencegah meluasnya data breach.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement