Atasi Kelangkaan APD, East Ventures Gandeng Kementerian Koperasi & UKM

Cindy Mutia Annur
5 Mei 2020, 21:00
Ilustrasi, Gerakan Indonesia Pasti Bisa yang didukung oleh East Ventures, Tokopedia, hingga CEO Bytedance Zhang Yiming. Untuk mengatasi kelangkaan APD, East Ventures menggandeng Kementerian Koperasi & UKM untuk menggalang donasi dan memberdayakan UMKM dal
Gerakan Indonesia Pasti Bisa
Ilustrasi, Gerakan Indonesia Pasti Bisa yang didukung oleh East Ventures, Tokopedia, hingga CEO Bytedance Zhang Yiming. Untuk mengatasi kelangkaan APD, East Ventures menggandeng Kementerian Koperasi & UKM untuk menggalang donasi dan memberdayakan UMKM dalam produksi APD.

Mengatasi minimnya ketersediaan alat pelindung diri (APD) bagi para tenaga kesehatan, East Ventures menggaet Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah.

Bersama Kementerian Koperasi & UKM, East Ventures melakukan penggalangan dana hingga pemberdayaan usaha mikro kecil menengah (UMKM) untuk memproduksi dan mendistribusikan APD.

"Kami melakukan penggalangan donasi online melalui kampanye Indonesia Pasti Bisa Jaga APD. Melalui platform ini, donatur hingga pekerja medis bisa melihat pemetaan pasokan dan permintaan APD," kata Partner East Ventures Melisa Irene, dalam acara Katadata Webinar Series: Platform Digital X UMKM Atasi Kelangkaan APD, Selasa (5/5)..

Beberapa APD yang akan didonasikan ini berasal dari luar negeri, namun East Ventures juga ingin memfasilitasi UMKM. Salah satu caranya adalah bekerja sama dengan UMKM binaan Karya Nusantara.

Program ini merupakan kolaborasi antara Kementerian Koperasi & UKM dengan PT Daruma Adira Pratama dan Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo). Salah satu APD yang dipesan East Ventures melalui UMKM binaan Karya Nusantara adalah, pelindung wajah atau face shield.

Tenaga medis yang membutuhkan bantuan APD, dapat mengisi sejumlah data diri seperti nama, Kartu Tanda Penduduk (KTP), tanda pengenal karyawan, dan lokasi rumah sakit. Nantinya, East Ventures akan melakukan verifikasi untuk menghindari penipuan atau penyalahgunaan APD yang disalurkan.

(Baca: Indonesia Pasti Bisa Galang Rp 10 M untuk Produksi Alat Tes Covid-19)

Halaman:
Reporter: Cindy Mutia Annur

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...