Ekonomi Kuartal I Anjlok jadi 2,97%, Airlangga Sebut Soal Demand Shock

Dimas Jarot Bayu
5 Mei 2020, 15:16
pertumbuhan ekonomi, ekonomi kuartal I, pandemi corona, virus corona
ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto menyebut pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal I 2020 masih cukup baik lantaran mampu tumbuh positif.

Badan Pusat Statistik mencatat pertumbuhan ekonomi kuartal I 2020 hanya mencapai 2,97%, anjlok dibandingkan periode yang sama tahun lalu sebesar 5,02%. Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto menjelaskan, realisasi pertumbuhan ekonomi yang rendah antara lain disebabkan oleh gejolak pada permintaan akibat pandemi virus corona. 

"Pertumbuhan ekonomi seperti diprediksi akibat pandemi Covid-19 terjadi demand shock," ujar Airlangga usai rapat terbatas melalui video conference, Selasa (5/5).

Salah satu komponen yang menekan pertumbuhan ekonomi Indonesia dalam tiga bulan pertama tahun ini, menurut Airlangga, adalah konsumsi rumah tangga. Pertumbuhan konsumsi anjlok dari 5,02% pada periode yang sama tahun lalu menjadi 2,84%. 

Faktor lain yang menjadi biang keladi penurunan pertumbuhan ekonomi adalah pembentukan modal serta ekspor dan impor. Pembentukan modal tetap bruto melambat dari 5,03% menjadi 1,7%. Sedangkan ekspor mengalami kontraksi sebesar -1,58%. "Penurunan dari segi impor -2,19%," kata Airlangga.

(Baca: Terpukul Efek Corona, Pertumbuhan Ekonomi Kuartal I Anjlok jadi 2,97%)

Meski demikian, Airlangga menilai pertumbuhan ekonomi dalam tiga bulan pertama tahun ini masih cukup baik. Pasalnya, realisasi pertumbuhan tersebut masih lebih tinggi dari proyeksi pertumbuhan ekonomi yang dibuat pemerintah dalam APBN Perubahan 2020 sebesar 2,3%. 

"Kita masih positif pada kuartal I 2020 2,97%  dan kita memproyeksikan di APBN 2020 sebesar 2,3%," kata dia. 

Airlangga menyebut anjloknya pertumbuhan ekonomi kuartal pertama ini juga dialami oleh negara-negara lain di seluruh dunia. Bahkan, banyak negara mencatatkan pertumbuhan ekonomi negatif akibat pandemi virus corona.

Halaman:
Reporter: Dimas Jarot Bayu
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...